Dokter cakep : Iryu

Siapa yang ga kenal film Iryu Team Medical Dragon? atau The Glory of Team Batista alias Team Batista no Eiko? Code Blue? Dr. Koto? God Hand Teru?

Barangkali anda bertanya-tanya mengapa hanya medical drama Jepang yang saya sebut? mengapa tidak Grey’s Anatomy, House, E.R, Scrubs, Private Practice dan lainnya dari Amerika? karena menurut saya, medical drama Jepang jauh lebih kaya dalam emosi, cocok dengan budaya saya sebagai orang Timur (klo barat kan banyak ciumannya tuh,hoeeek) dan background musicnya sangat-sangat bagus.

saya hanya akan membahas dokter-dokter dari Iryu dan Team Batista no Eiko,karena drama yang lain belom saya tonton,atau tepatnya belom saya beli😀. Sekilas akan saya beritahukan sedikit perbedaan antara Iryu dengan Team Batista no Eiko.

Diangkat dari manga berjudul Team Medical Dragon karya Akira Nagai, Iryu season 1 bercerita tentang cita-cita asisten Profesor Kato Akira mereformasi sistem kesehatan dan rumah sakit di Jepang,terutama pada Meishin University Hospital. Untuk mewujudkan impiannya dengan menjadi profesor di bagian bedah Bedah Jantung (Indonesia : Bedah Thorax dan Kardiovaskuler), ia merekrut dokter bedah jenius Asada Ryuutaro dalam tesisnya mengenai operasi Batista. Walau banyak kontroversi di antara mereka, akhirnya terbentuklah tim operasi dengan Asada sebagai head surgeon, Kato sebagai asisten operasi 1, Ijyuuin sebagai asisten operasi 2, Satohara Miki sebagai perawat operasi, Arase sebagai dokter anestesi mulai Batista kedua dan Fujiyoshi sebagai dokter penyakit dalam. Arase bergabung dengan Asada setelah operasi bersama menyelamatkan ceweknya yang ditembak dan pelurunya kena SA node. Sumpah itu juga episode yang paling mengharukan. Operasi pertama dilewati dengan penuh sukses namun ribut karena saat pasiennya butuh operasi bypass, Miki-lah yang mengambil vena sebagai Graft, bukannya Ijyuuin. Untungnya, tim ini hanya dicuekkin, bukan dihancurkan. Sialnya bagi Kato, Profesor Noguchi tidak lagi berminat mengangkatnya sebagai penerusnya, malah mengambil kandidat dari luar universitas, yaitu Kirishima, kakak Miki dan saingan Asada. Selain itu, Kato juga harus berhadapan dengan Profesor Kito dari departemen UGD yang berminat pada kemampuan Asada. Akhirnya, mereka mendapat masalah dengan kedatangan pasien ketiga, bayi umur 5 bulan dengan dilated cardiomyopathy, single coronary artery dan situs inversus😀. ditambah lagi dengan coronary artery aneurysm, yang tidak memungkinkan untuk di operasi. Namun, Asada keras kepala melanjutkan operasi sehingga Kirishima panik dan mengalami kecelakaan. Asada pun akhirnya juga mengoperasi Kirishima atas bantuan Profesor Kito. Saat selesai, Asada kembali melanjutkan operasi batista dengan si bayi dan merevolusi teknik baru overlapping Batista sehingga operasi sangat sukses dan Kato diangkat menjadi profesor bedah jantung Meishin University Hospital dan Noguchi dikirim ke Thailand. Asada sendiri kembali bertugas di NGO.

liat yah sodara-sodara, Asada Ryuutaro,begh ganteng bener di komiknya. tapi ga terlalu ganteng di dramanya ini dia.

dari kiri ke kanan baris pertama : Kato Akira by Inamori Izumi, Asada Ryuutaro (lumayan ganteng) by Sakaguchi Kenji, Satohara Miki by Mizukawa Asami, Ijyuuin Noboru (wuanjrit, ganteng bangett) by Koike Teppei, Fujiyoshi Keisuke by Sasaki Kuranosuke.
dari kiri ke kanan baris kedua : Kitou Shoko (aslinya Kitou Naoto) by Natsuki Mari, Arase Monji by Abe Sadao, Kihara Testuhiko by Ikeda Tetsuhiro, Noguchi Takeo by Kishibe Ittoku, Kirishima Gunji by Kitamura Kazuki.

Iryu season 2 bercerita tentang Team Medical Dragon yang mulai terpecah akibat terpencarnya para anggota. Asada bekerja di NGO sekaligus belajar transplantasi jantung di Amerika Serikat, Fujiyoshi bekerja di Hokaido, Kato menjadi visiting profesor di Amerika. Hanya Miki, Ijyuuin dan Arasa yang tetap berada di Meishin,namun Arase kehilangan gairah untuk masuk ke ruang operasi gara-gara ga ada Asada yang bisa nyamain ritme operasinya. Diceritakan juga krisis keuangan yang melanda rumah sakit di Jepang sehingga terancam bangkrut atau dibeli oleh investor. Untuk menyelamatkan Meishin, Noguchi kembali menjadi Kepala Manajemen Resiko dengan kuasa lebih dan menghubungi seorang wanita untuk bertransaksi. Wanita ini kecelakaan dan dioperasi oleh Asada, bernama Kataoka Kazumi. Di lain pihak, Fujiyoshi kedatangan wanita hamil yang menderita dilated cardiomyopathy dan menghubungi anggota tim. Asada meminta supaya wanita itu dirawat di Meishin namun ditolak oleh Noguchi sebelum akhirnya dibantu oleh Kataoka untuk operasi di RS Hokuyou, syaratnya Asada harus melakukan public operation Dor Procedure. Bak buah simalakama, menjelang public operation, ternyata kondisi wanita hamil itu memburuk dan butuh dioperasi segera. Akhirnya Asada mengkontak Kirishima untuk menggantikannya setelah 45 menit dan terbirit-birit menuju Hokuyou bersama Arase untuk melakukan Sectio Caesar dan Batista bersamaan. Ternyata (lagi) si anak lain dengan kelainan Hypoplastic Left Heart Syndrome (HLHS) sehingga Ijyuuin menggantikan Asada sebagai kepala bedah Batista. Asada sendiri bersama Arase dan Fujiyoshi melakukan Norwood Procedure dengan bantuan Kitou,yang waktu itu jadi MC di acara public operation Meishin, lewat telpon. Asada melakukan improvisasi sehingga bayi itu selamat dan operasi yang berjalan di 3 tempat (Dor + MVR, Batista, Norwood) sukses beraaaat. Tapiii,ternyata semuanya diklaim sebagai kesuksesan Meishin dan orang dibaliknya ini adalah Kataoka (pemilik Hokuyou) dan Noguchi. Jreng jrenggg!
Kemudian, Asada dan kawan-kawan bertemu dengan pasien yang selalu diabaikan di Meishin dan berkeras mengoperasinya. Noguchi akhirnya memindahkan Asada, Ijyuuin dan Fujiyoshi ke Hokuyou, dengan demikian memecah belah tim, bersama dokter useless Meishin lainnya. Pengganti Asada adalah Profesor Kitou.


Selama di Hokuyou, Asada dan bekas timnya mencomot asisten bedah 1, Toyama Seiji yang ahli bedah vaskuler yang ganteng, anestesi yang ga niat dan temennya Arase, Kodaka Nanami, Bedah Gastroenterologi, Matsudaira Kotaro dan Clinical Engineer Nomura Hirohito yang kuper. Uniknya di Iryu season 2,tiap-tiap episode menitik beratkan pada permasalahan pribadi para anggota baru sebelum mereka full bergabung dalam tim Asada. Misalnya, Toyama itu anak yang dicuekin ayahnya dan jadi orang sombong. Matsudaira dulunya pernah menggelembungkan data tesis dan turun pangkat dari dokter jenius jadi dokter buangan. Nomura dulu dilecehkan oleh dokter tempat ia bekerja karena berani menggertak si dokter. Kodaka juga dulunya seorang ibu,namun bercerai dengan suaminya saat anaknya diabaikan waktu ulang tahun dan mengalami serangan asma hingga sempat henti napas selama 5 menit lebih serta mengalami cacat. Satu lagi yang ga ketinggalan, direktur dari RS Hokuyou, musuhnya Noguchi yaitu Zenda Hideki,yang dulunya sobatnya Noguchi. Cuma karena Noguchi ngiri sama Zenda,ia kemudian disingkirkan menjadi dokter terpencil.

Pasiennya pun bervariasi. Ada kakek tua yang jadi korban malpraktek Noguchi selama 8 tahun (malprakteknya ada gauze/tissue yang nempel di jantung dan membebani kerjanya), trus ada anak haram calon Menkes Jepang dengan Marfan’s syndrome, aortic regurgitation dan aortic annul ectasia, ditambah Rh + yang bikin kalang kabut karena ga bisa transfusi darah. Pasien berikutnya wanita tua dengan aortic stenosis. Yang lain adalah kanker esofagus plus kanker hati pada hati yang setengahnya ditansplantasi. Berikutnya adalah pasien spesialnya Kodaka, anaknya yang mengalami aneurysm dan Kawasaki’s disease. Egh, ga taunya Noguchi juga jadi pasien dengan unstable angina dan pualing terakhir yaitu pasien dengan transplantasi hati dan jantung SEKALIGUS!!

Terakhir, Kataoka yang tadinya berniat menghancurkan Hokuyou ternyata dikhianati Noguchi dan bergabung dengan Zenda Hideki dalam menghancurkan Noguchi sehingga Noguchi jadi orang miskin di Amrik. Kataoka kemudian menjadi pemilik RS Meishin dan RS Hokuyou sekaligus. RS Meishin tetap mengandalkan Profesor Kitou dan Asada pergi belajar lagi di Amrik. Arase dan Miki tetap di Meishin, Fujiyoshi, Ijyuuin, Toyama, Kodaka, Nomura, Matsudaira tetap di Hokuyou.

okeh, ini dia Teppei Koike yang memerankan Ijyuuin Noboru pada Iryu season 1 dan 2, koas pengecut yang takut salah namun berbakat dan di training oleh Asada. Ganteng yah? en baidewei, I like his hansome face because he sometimes looks a like with Edbert J. Sie from Nanyang Technological University,Singapore. note that : SOMETIMES!!!


kalo Toyama Seiji yang diperankan oleh Takahashi Issei itu ganteng juga sih,karakternya cuek, sombong dan judes…mungkin itu yang bikin ganteng😀

next : Team Batista no Eiko

4 thoughts on “Dokter cakep : Iryu

  1. thx ya…. udah bantu ngulas ttg team medical dragon… cz yg AQ punya translatenya kacau.. jdnya pake ilmu kira2… hehe… emang keren bgt ne pilm…

    • kenshuin (ga ta tau bener pa kagak) di subtitle diterjemahkan menjadi intern…intern setara dengan ko-as di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s