Detik-detik menjelang Ujian Akhir Praktikum Parasitologi

Hai, selamat sore dunia dimanapun anda berada, saya tidak peduli🙂 yang jelas anda kembali disini bersama salah satu mahasiswi kedokteran paling idiot yang bisa ditemukan di Bumi kita ini,hehehe😀 Di akhir blok infeksi yang menyedot semua energi, darah dan air mata mahasiswa FKUAJ 2009, terbersit cerita, entah konyol, ental lucu ataupun garing yang gw alamin pada subuh hari menjelang Ujian End Praktikum Parasitologi blok infeksi yang tercinta *hoeekk* kita.

Sementara mata kanan saya membaca diktat entomologi kedokteran dr. Leshmana Padmasutra, yang kuliahnya slow,kadang bikin ngantuk tapi mencerahkan😮, sedikit info bahwaujian akhir praktikum ini mencakup praktikum mikologi dan entomologi, yang dimana sebelumnya praktikum entomologi digelar sehari sebelum ujian ini….bahkan kurang dari 24 jam. sekitar 20-23 jam, cincailah😀 Sebelumnya mari kita tebak-tebakan dulu. Gambar apakah ini?😀

13102010235

Ini adalah foto dari preparat mikroskopis arthropoda

classis arachnida, ordo acarina, genus Argas sp.

 

tepuk tangan saudara-saudara *gubrak* baiklah mengapa foto aneh nan menjijikan diatas perlu dimasukan dalam pembahasan kita? mari kita saksikan setelah baris berikutnya.

Dahulu kala sejak saya berada di SD Bhakti Tugas, SMP Mardi Yuana Depok dan SMA Gonzaga, saya menderita ketakutan berlebihan alias hipersesitifitas terhadap makhluk-makhluk serangga, yang mencakup laba-laba dan kecoak. Bahkan untuk melihat gambar semut merah yang diperbesar pun saya lari terbirit-birit. Waktu itu saya menyebutnya arthrophobia. Berhubung sekarang saya kuliah kedokteran, maka saya naik tingkat menjadi entomophobia, suatu istilah ketakutan terhadap serangga yang dipopulerkan dalam kuliah dr. Leshmana per tanggal 13 Oktober 2010. Hal ini mencolok sekali bahwa saya menghindari preparat makroskopis serangga (klo nyamuk masih lumayan lah ya,saya perlu mengidentifikasi *caelah* mesonotum Aedes aegypti dan Aedes albopictus) dengan mengamati dari jauh. Preparat golongan acarina pun tidak langsung saya tempelkan mata saya di lensa okuler mikroskop melainkan pelan tapi cepat saya amati, kemudian saya potret dengan Sony Erricsson Satio untuk bahan belajar di kos.

Cukup intermezzonya, jadi seperti yang diketahui dengan baik, malam 13 Oktober merupakan hari dimana FKUAJ 2009 bersama-sama membuka diktat praktikum mikologi dan entomologi dan menatap foto-foto makhluk aneh di layar laptop datau komputer mereka. Koleksi foto praktikum yang saya ambil tergolong lumayan lengkap *promosi dot com :D* hanya saja saya memang sengaja tidak memfoto preparat makroskopis entomologi karena entomophobia yang saya jelaskan diatas. Ogah banget gw foto Periplaneta americana, Blatta orientalis, Blattella germanica…keren-keren namanya ga taunya kecoak! kemudian golongan Aranea (baca : laba-laba) dan Scorpionidae. Berhubung klo makroskopis seperti Potamon sp. dan Cambarus sp. pun rusak estetika fotografinya karena diletakkan dalam botol.

Lanjut…sampai pukul 10-11 malem, setengah 12 lah, saya masih menguji soal mikologi dan belum beranjak ke ento. Toh saya ga terburu-buru karena beberapa jam sebelumnya, saya sudah memandangi foto-foto itu saat mengupload ke facebook karena ada juga teman-teman yang butuh. Ehem, sekitar jam 12an,alias tengah malam tanggal 14 Oktober atau 8 jam sebelum ujian, saya tidur-tiduran dengan memandangi foto-foto entomologi.

Entah bagaimana kejadiannya, MATI LAMPU!! Tindakan bejat PLN ini sekitar jam 1 malam ini rupanya tidak hanya terjadi di kos saya tapi juga di kos lain. Ga tanggung-tanggung laptop mati karena dari awal pake sumber AC tanpa baterai, kemudian lampu emergency nyala. Untunglah, sebab saya akan ketakutan sekali😀 Kemudian, alarm saya bunyi. Saya bahkan ga ngerti apakah saya masih terbangun saat lampunya mati dan hidup kembali. Entah kenapa, saya punya perasaan sedang menatapi foto Argas sp. diatas saat kejadian mati lampu. Mungkin saya setengah tertidur atau malahan mimpi dan membawa Argas sp. itu dalam mimpi saya  *kenapa harus diaaaaa? :(:(*

Di tengah kepanikan, saya mencoba tenang dan membuka kumpulan foto praktikum yang saya upload di facebook karena foto-foto itu sudah dinamai sebelumnya dan gara-gara itu pulsa saya habis. Kemudian saya pasang baterai laptop dan mulai belajar yang sepantasnya dari laptop sambil memegangi diktat entomologi pada ujung halamannya.

Sekitar pukul 2 atau 3 pagi, lampu nyala kembali. Syukurlah, saya langsung menyalakan AC kembali dan kembali belajar, ya MASIH DI TEMPAT TIDUR sehingga tak heran saat saya terbangun jam 6 pagi  (ga tau saya ketiduran jam berapa) saya panik karena saya belum menghapalkan genus dan spesies serta ordo yang akan ditanyakan saat ujian nanti.

Pukul setengah 8 pagi, saya bawa laptop ke Gd. Damianus lt. 2 yang suasananya seperti pasar karena semua orang belajar, bertanya, menebak foto parasit melalui kamera, laptop atau HP yang mereka bawa. Tak ketinggalan, saya ikut belajar.

Aedes aegypti, Diptera, Aedes albopictus, Diptera, Mansonia uniformis, Diptera, Simullium sp., Simullidae, Argas sp., Acarina, Cimex hemipterus, Hemiptera, Demacentor andersoni, Acarina!!!

Tinggalkan Balasan

