Mataku Indonesia : Uniquely Yet Lovely Indonesia

Mumpung lagi di rumah ini di Depok, Jawa Barat, entah kenapa terbersit di pikiranku untuk menjadi bagian dari Mata Indonesia. Ya, Mata Indonesia. Kunamakan begitu karena sebagai seseorang berkebangsaan, lahir, hidup, berkembang serta mencari jati diri di Bumi Indonesia, aku berusaha untuk melihat Indonesia dari berbagai sisi untuk memunculkan keunikan dari tanah yang kutapaki ini. Tentunya inilah kebebasan berpikirku, yang kalau di Kaskus disebut dengan FREEDOM OF SPEECH😀. Ide ini tentu muncul tiba-tiba dan iseng setelah menyaksikan suatu pengumuman di Kereta Depok Ekspres, kemarin.

Sebagai Mata Indonesia, aku tentu saja akan mendokumentasikan Indonesia beserta aspek kehidupannya dengan caraku sendiri. Di tengah pesimisnya orang-orang Indonesia terhadap masa depan negaranya sendiri, mengapa aku harus terjebak dalam arus zaman, berpikiran negatif setiap saat media memberitakan 1000 keburukan negeri ini? Mengapa aku harus menunggu ketika aku menjadi seorang dokter, baru bisa memberikan pegabdianku kepada bangsa dan negeri ini? Bagaimana jati diri Indonesia yang sesungguhnya itu? Yang diperjuangkan mati-matian oleh para pahlawan, namun terkikis oleh konsumerisme, hedonisme dan apatisme modern akibat globalisasi?

n125429571836_4606

Kalau begitu, pikirku, sebagai mahasiswa kedokteran, ya aku hanya bisa belajar sebaik-baiknya untuk bangsa ini. Ya, apalagi kedokteran, bidangku ini adalah bidang yang tak mudah, dimana manusia kadang berhadapan dengan kehendak Tuhan, baik sejalan maupun tak sejalan. Dan tak perlu kukutakan, bahwa cintaku pada negeri ini, bukan didasarkan kepada keirianku atas kemajuan negara lain, ataupun geram melihat bangsa lain menjajah Indonesia secara langsung maupun tak langsung, ataupun berteori banyak mengenai permasalahan negeri kita. Tidak, Indonesia sudah punya banyak ahli teori berotak, maupun tidak, bernurani maupun tidak, namun minim etika dan perilaku.

Tak perlulah kuteriakkan keras-keras terhadap gerombolan orang-orang munafik, mempertahankan bangsa ini atas fondasi kebencian. Di samping tugasku untuk belajar dan melayani sesama, aku pun menyaksikan bangsa ini, dalam terang dan gelapnya, dan kucerminkan agar aku bisa belajar sebagai Mata Indonesia, mataku yang menjadi saksi dan pelaku di kehidupan masyarakat Indonesia, keunikkan dan kekayaan negeri ini. Aku tak mengenal budaya Indonesia ini, namun cukuplah aku memilikinya dengan memberikan pengabdianku sepenuh jiwa dan tenaga.

Kemudian, kupikir bagaimana keunikkan serta pendapatku tentang negara ini kutulis dalam blogku sendiri… ya,tentu saja harus dibuat satu serial spesial untuk menampung buah tulisanku yang bebas, melalang buana. Ya, akan kubuat suatu dokumentasi sekaligus refleksi yang kuamati, mungkin kuamati sendiri, sebagai Mata Indonesia, serial yang kunamai Mataku Indonesia : Uniquely Yet Lovely Indonesia…

coming soon…(apakah sebaiknya dibuat bilingual? :D)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s