Skills Lab FKUAJ 2007 Kedaruratan Medik

Skills Lab adalah kegiatan pembelajaran yang mempelajari dan melatih sedikit keterampilan yang nantinya diperlukan saat klinis. Kegiatan ini baru ada saat kurikulum KBK, alasannya mungkin biar para mahasiswa yang masuk ke klinik ga mangap-mangap banget klo ketemu pasien. Sementara itu, angkatan 2007 adalah angkatan yang paling senior di FKUAJ. Semester ini mereka sidang KTI dan semester depannya, amiiin, seluruh angkatan akan punya gelar baru dibelakang nama mereka, misalnya XY,S.Ked dan penuh kehormatan lepas dari masa preklinik menuju dunia klinik alias perkoasan di rumah sakit.

Pagi hari yang mendung tapi ga hujan di daratan Pluit, Jakarta Utara sana, mahasiswa-mahasiswa yang kelar kuliah Metpen leih cepat dari jadwal mendapati bahwa hampir seluruh ruang SL masih diduduki oleh mahasiswa-mahasiswi angkatan 2007 dan tampaknya mahasiswa angkatan 2007 pun terkgate-kaget sampai mata membelalak ala sinetron mendapati mereka diintipi oleh mahasiswa 2009😀. Di ruang SL 13 pun, seorang mahasiswi menangkap basah segerombolan orang yang sedang berkutat dengan sesuatu yang SEPERTI GUNTING, TAPI BUKAN GUNTING, sebalok busa yang dengan malang dirobek dengan cara elegan dan benang yang berserakan. Begitu diriku yang keheranan dan salah tingkah ini menatap benda-benda tersebut, langsunglah saya mengerti bahwa ini adalah *napas tertahan* skills lab mereka di blok Kedaruratan Medik. Ya, saya dengan bangga mempersembahkan SKILLS LAB HECTING!!!

0

Hecting adalah namanya keren dan elegan, namun istilah awam adalah menjahit! Bukan menjahit baju dengan mesin jahit, tapi hecting biasanya diaplikasikan pada luka dan bedah, alias menjahit tubuh sendiri, wuehehehe *tawa psycho*. What’s so special about this skill? Well, when you become a doctor, you can’t choose what type of patients that come to you. You may get a severely injured patient and you MUST “sew” that patient to prevent the patient from the infection. Karena skill ini sangat penting dan wow wow wow menarik, maka gw tentu aja ga sabar untuk mempelajari dan “mastering” keterampilan hecting ini.

Sebenernya sih, gw dah pernah melakukan hecting ini pertama kali waktu ada pelatihan di kampus bernama Maxperience, nah disitu diajarin tuh semua keterampilan klinis yang emang perlu banget di klinis seperti hecting, sirkumsisi, VT obsgyn (vaginal toucher alias colok vagina) yang 1 set dengan RT (rectal toucher alias colok anus), intubasi endotrakeal dan infus. tadaaaa, penting semua kan tuh buat dipelajari?😀 Hecting pertama gw, sebenernya ga bisa dibilang hecting karena banyak waktu terbuang hanya untuk nusukkin jarum ke objek percobaan yaitu kulit babi yang keras😦. Yaah, anamnya juga belajar, klo ga salah gw hanya berhasil bikin jahitan 1x dan itupun JELEK BANGET, memalukan. Yah, namanya juga pertama kali, dan sedikit hecting ini nongol lagi di stand berikutnya yaitu sirkumsisi, hecting sedikit penis buatannya😀 yang kulitnya dari balon tapi gw ga tau penisnya itu dari apaan.

Kedaruratan Medik sebagai blok akhir yang super menggairahkan *bayangkan sodara, kita belajar Basic Life Support buat nolongin orang yang asistol di tengah jalan tiba-tiba* belajar CPR, intubasi, hecting dll sungguh amat menggairahkan. Gw udah bisa CPR berkat pelatihan MFR 2010 dari Medisar. Intubasi dan hecting ini gw belajar dari Maxperience bareng Christy. Saking minatnya kita berdua, pas pendaftaran dibuka, masih bisa diliat mungkin nama gw dan Christy masuk list 2009 yang pertama *bangga dot com* . Hecting gw bisa dibilang lumayan ancur, walau tekniknya gw inget betul, sedangkan intubasi yah gitu deh, gw baru berhasil masukin selang ke tenggorokan boneka 2x, itupun yang pertama dibantu.

Hari ini, saat muka gw nongol di SL 13, anak 2007 pada kaget dan ngomong ke gw “oh, udah mau SL ya? bentar yah…” dan termangap-mangaplah gw melihat Ricchu dan Farrel, kokoh DBC gw lagi asyik hecting dengan korbannya sofa jok mobil yang dipotong persegi dan ada guratan-guratan siksaan scalpel. Akhirnya dengan nada memelas, gw minta supaya gw boleh ngeliat mastah-mastah 2007 yang lagi pada mempraktekkan kebolehan mereka dengan benang jahit hitam, needle holder dan jarum bentuk U dan peran sofa jok mobil yang amat krusial sebagai korban hecting.

Gw ga akan terangin the procedure of hecting secara listnya puanjang teramat sangat dan ribet, mending cari aja di yucub videonya. Seeing is believing! Untuk beberapa saat gw perhatiin mastah-mastah melakukan hecting sekaligus nanya kanan-kiri. Sampai tiba saatnya gw memelas “mau coba doong!” sama Ricchu.

Gw baru pegang needle holder lengkap dengan jarum tapi direbut balik karena gw banyak nanya soal jepitan 2/3 itu trus Ricchu yang masukin benangnya dan dia yang lakuin tusuk menusuk di jok mobil. Tapi gw bilang “aku mau ikeet dong” akhirnya benangnya dikasih ke gw😀 dan gw iket deh sesuai yang udah diajarin Maxperience 3 kali dengan sedikit arahan dari Ricchu. Begitu selese,gw minta ikutan diperiksa kenceng apa kagak. Ricchu nyelipin klem dan diuji kekuatan iketan gw. Dan bersabdalah dia…”eh, dia jago loh…iketannya kenceng.” trus gw kegirang-girangan dan bilang “oh iya ya? (tersipu malu) gw baru nyoba sekali sih waktu Maxperience.” Kyaaaaaa, senangnya hasil kerja gw dibilang bagus😀

Intubation

Intubasi endotrakeal

 CardiopulmonaryResuscitationBabyDummy

resusitasi jantung paru neonatus

Ternyata kelompok SL 2007 dibagi 3…ETT, RJP neonatus dan hecting…kebetulan yang gw liat tuh hecting sementara kelompok SL lain lagi latihan ETT dan RJP neonatus…kyaaaaa,SLnya enak banget siiih….mau dong😀😀

Tapi jujur,gw ETT cuma berhasil sekali waktu Maxperience juga😀 sedangkan klo RJP gw baru mahir ama dewasa doang😀

I think emergency medicine is fun to learnt😀😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s