Akhirnya nonton lagi Journey To The West TVB

Dari dulu beginilah cinta, deritanya tidak akan pernah berakhir

Kuwot diatas merupakan kuwot terkenal yang sering diulang puluhan, mungkin ratusan kali oleh tokoh Cu Pat Kay (Mandarin : Zhu Bajie) dalam serial Xi You Ji (Canton : Say Yau Kay) alias Journey To The West produksi TVB tahun 1996 dan 1998, di Indonesia ditayangkan berulang kali dengan judul Kera Sakti.

images

Secara umum, serial ini dilandaskan pada karya buatan Wu Cheng-en, berkisah mengenai perjalanan bhiksu China Tang Xuanzang (Tripitaka), yang di film disebut Tong Sam Cong yang pergi ke India mengambil kitab-kitab Buddhis. Aslinya sih Bhiksu Xuanzang hanya ditemani seekor kera, babi, kuda dan ga tau apa lagi, tapi oleh Wu Cheng-en perjalanan ini dikisahkan dalam bentuk yang lebih menarik, kental unsur tradisi China kemudian diadaptasi ke layar kaca, salah satunya ya Xi You Ji atau Journey To The West alias Kera Sakti bikinan TVB Hong Kong 1996-1998. Banyak adaptasi lainnya misalnya Journey To The West versi 1986 dengan nama Liu Xiau Ling Tong, kemudian ada juga Kera Sakti Modern yaitu Monkey King : Quest For Sutra, Saiyuuki, Xi You Ji versi 2009 dikenal dengan Pilgrimage To The West dan lain-lain masih banyaklah.

Gw sendiri karena dari kecil terbiasa nonton JTW versi TVB 1996 dan 1998, akhirnya lebih senang serial ini daripada serial kera sakti lainnya😀. Maklum, kera saktinya udah pas yaitu Dicky Cheung gitu, Pat Kay udah pas, Sacheng juga, Tong Sam Cong juga. Sampai gw pun awalnya register di Kaskus hanya untuk mencari di fjb serial ini, klo bisa dengan subtitle english. Sampai sekarang pun sulit mencarinya, kebanyakan avaiable audio cantones(kadang campur mandarin juga, malah ada yang vietnam) dengan subtitle mandarin. Dan gw bru tau klo JTW 2 itu Sun Go Kongnya bukan Dicky Cheung tapi Benny Chan, yang main di God of Honour sebagai Nezha. Tapi kan gw modal nonton doang jadi mana gw sadar sih.

Kemudian,setelah hasrat buat nonton makin ga tertahankan, akhirnya gw beli deh itu serial. Walaupun mostly gw ga ngeri percakapannya, tapi gw emang punya modal buat denger Canton+Mandarin jadi tinggal nebak-nebak kira-kira lagi ngomongin apa, lagian gw malah lebih enjoy nonton akting daripada mikirin mereka ngomong apa. Tapi klo vietnam sih gw nyerah. Akibat gw beli ini serial, entah kenapa hasrat ngaskus gw padam, ngaskus jadi makin membosankan dari sebelumnya. Hehe, kebanyakan waku buat belajar dan nonton jadi ga bisa ngaskus😛

Okeh, banyak orang yang rada kecewa peran Dicky Cheung diganti oleh Benny Chan sebagai Sun Go Kong pada JTW 2. Buat gw ga masalah, soalnya 2-2nya sama-sama ganteng dan sama-sama pantes memerankan Sun Go Kong. Setelah gw nonton terus-terusan, akhirnya gw tau perbedaan karakteristik Sun Go Kong yang diperankan oleh Dicky Cheung dengan diperankan Benny Chan. Sun Go Kong versi Dicky Cheung itu amat sangat sangat jaim. Sumpah! Dia itu cool, keren gitu lho. Tiap kali mau berantem, banyakan langsung pake baju tempurnya yang warna merah itu. Sedangkan Sun Go Kong versi Benny Chan itu bener-bener sesuai dengan tabiat monyet, pecicilan, cengengesan, kocak, iseng, lebih ga bisa diem dibanding Sun Go Kong-nya Dicky Cheung, dan ekspresinya klo lagi sedih, marah, putus asa tuh ngenaa banget. Klo mau ngebandingin galak tuh gimana yah? Klo Dicky Cheung mah galak Sun Go Kong kek selalu punya aura buat main pukul, main bunuh. Klo Benny Chan biasanya galaknya modal tereak tapi didukung sama ekspresi mukanya yang lagi bete, sebel, kecewa dsb. Trus Sun Go Kong Benny Chan klo lagi berantem banyak mengandalkan toya emas, jarang make baju tempurnya yang berubah jadi kuning. Tapi klo Benny yang merankan Sun Go Kong, bawaannya imut gitu. Dan beberapa adegan berantemnya, misal waktu lawan siluman elang, siluman singa, siluma gajah sekaligus di JTW 2 episode 2, gayanya emang puaaaling keren dibanding gaya berantem di episode JTW 1 dan 2 manapun.

Kita ubah pembicaraan sedikit. Inget reinkarnasi sebelum Cu Pat Kay itu kan Panglima Tian Peng yang jatuh cinta sama Chang’e tapi rebutan ama Wu Kang? Setelah gw pelototi baik-baik, ternyata yang meranin sebagai Wu Kang itu Derek Kwok, yang berperan sebagai Kera Tum Pey, rival terberat Sun Go Kong di JTW 2. Gw jadi gemes deh, ni monyet-monyet kok pada ganteng bener gitu~~~~

Emang sih, jadi kendala besar nonton pelem idaman gw ini tanpa ngerti arah conversationnya kemana. Karena mostly episode JTW 1 dalam bahasa Vietnam, gw sih kadang nyerah dan lebih banyak nonton JTW 2 karena ada audio Mandarin (yang gw turn off) dan modal denger-nebak soalnya gw mau denger suara asli pemainnya. Mungkin orang biasa pusing kali ya nonton kagak ngerti gitu, gw akhirnya modal ngeliatin akting pemainnya (terutama Benny Chan, itu pasti, kudu dan wajib) sambil ngedengerin background musicnya.

Aaaaaa…,I really like Journey to the west TVB….!

46 thoughts on “Akhirnya nonton lagi Journey To The West TVB

  1. *weleh…baru tau ane kalo neng yanty punya blog

    n btw wa lebih suka go kong yg di peranin Dicky Cheung coz ekspresi marah dan dengki nya klop banget,kalo doi lagi ngamuk..wuihhhh keren banget (pa lagi pas ngeliat tatapan sinisnya ketika berhadapan dgn ratusan ribu tentara khayangan) ^_^

  2. menurut gw sih aktingnya Dicky Cheung lebih bgus n keren d banding ma aktingnya Benny Chan. Soalnya klo yg meraninnya Dicky Cheung lebih ngakak,lucu n bgus bnget tuk d tonton. Pokoknya Sun go kong(Dicky Cheung) is the best

  3. Ping-balik: Journey To The West 1996-Sai Yau Gei–Dicky Cheung « Journey of Lovianette Sherry

  4. Ping-balik: Nonton-nonton drama asia part 1 | Journey of Lovianette Sherry

  5. aaaah jadi pingin banget nonton yg benny chan!! aku baca2 dari forum luar soal benny chan yg jadi wukong juga katanya dia pembawaannya imut! cumaaaa… tetep aja butuh subtitle buat nontonnya krn pingin ngerti mereka ngomongin apa T___T tolongin donk kalo ada yg punya…

  6. mau tanya donk.. Sekarang kan kera sakti ditayangin lagi.. Btw itu yang main dicky cheung apa benny chan ya? Belum bisa bedain kalo jadi kera sakti :3

    • eeeehhh? oh yaaa?? channel apa??? yang season pertama awal2 wukong dikurung di batu itu yg dicky cheung. mukanya beda kok. liat aja yg lebih pecicilan itu si dicky cheung xD mukanya lebih tegas dan jenaka.

  7. aq sng bngd ma dicky cheung soalx gntng kalo benny chen cman imuet doank… aq galaw klo gg lhat JTTW jd aq cri info tntng JTTW

  8. aq sng bngd ma dicky cheung soalx gntng kalo benny chen cman imuet doank… aq galaw klo gg lhat JTTW jd aq cri info tntng JTTW aq jg mnta donk.. umk bli d mna ch

Tinggalkan Balasan

