[Review Film Pendek] BURN-E

BURN-E-2008-–-Hollywood-Movie-Watch-OnlineKarena kurang kerjaan dan kurang motivasi untuk belajar maupun mengerjakan KTI, jadi ada baiknya gw menulis review yang ga terlalu penting dan baik secara tata bahasa menurut Ejaan Yang Disempurnakan. BURN-E adalah film pendek Pixar tahun 2008 yang merupakan spin off dari film bioskop terkenal WALL-E. Inget WALL-E? Itu tuh robot yang kerjaannya ngeberesin sampah dan jatuh cinta dengan sesama robot bernama EVE. BURN-E sendiri kepanjangan dari Basic Utility Repair Nano Engineer. Dalam film WALL-E, BURN-E tampil dalam scene dimana EVE menyelamatkan WALL-E dari pesawat yang dirancang untuk meledak sendiri bersama tanaman dan masuk ke salah satu pintu kapal The Axiom, dan meninggalkan BURN-E, si robot yang sedang memperbaiki sesuatu terkunci sendiri di luar.

burn-e

Oke, ceritanya dimulai dari WALL-E yang mengikuti EVE dari Bumi pulang ke Axiom, saat berada diluar kapalnya EVE, WALL-E bermain dengan partikel penyusun cincin planet Saturnus. Entah kenapa, si partikel kemudian terbakar dan berakselerasi seperti meteor dan menghantam salah satu lampu hingga rusak. AUTO, autopilot The Axiom, kemudian menjalankan sistem yang memberitahukan robot bernama SUPPLY-R untuk menyediakan lampu pengganti. SUPPLY-R kemudian manggil si BURN-E yang kemudian disuruh memperbaiki si lampu setelah melalui berbagai jalan panjang. Nah, mulailah si BURN-E ini kerja sambil mendendangkan lagu, tapi gw lupa lagu apa.

Burn-E2Selagi BURN-E bekerja mengganti lampu, kapal EVE dan WALL-E sampai di Axiom, kemudian WALL-E mendadah-dadahin si BURN-E selagi lampunya belom dipasang dan BURN-E malah balas ngedadahin. Alhasil, lampu barunya malah melayang ke angkasa luar. Setelah melalui keputusasaannya tidak bisa menggapai lampu yang sudah melayang, BURN-E kembali menghadap SUPPLY-R dengan kepala tertunduk (mirip murid dimarahin ma guru, hehe) buat minta lampu baru. SUPPLY-R dengan ga rela memberikan lampu baru buat BURN-E.

Burn-e_1Selama BURN-E bekerja lagi, kini WALL-E dan EVE menyaksikan GO-4 memasukkan tanaman yang mereka temukan sebelumnya. Celakanya WALL-E masuk ke kapal kecil itu kemudian kapalnya dilontarkan keluar untuk meledak sendiri. Saat kapal dilontarkan keluar, BURN-E hanya menoleh sedikit, mungkin bertanya-tanya apaan tadi yak itu. Saat kapal meledak, BURN-E kaget dan tak sengaja memotong lampu yang baruu aja dia pasang. Alhasil, minta lagi ke SUPPLY-R yang udah kesel ampe lampu barunya dijatohin. Untungnya lampu barunya kali ini benar-benar berhasil dipasang.

burne_2

THE END?? Nggak dong, kini kita beralih ke WALL-E yang berhasil selamat dari ledakan dan berdansa bersama EVE. Kemudian mereka masuk ke The Axiom melalui satu-satunya pintu yang sedang terbuka di dekat tempat kerja BURN-E. Pintu kemudian menutup dan mengunci si malang BURN-E diluar. Adegan berikutnya yaitu WALL-E dan EVE mau dibuang ke luar angkasa melalui sistem pembuangan, karena pintunya kebuka, maka BURN-E cepat-cepat mau masuk dari pintu, tapi sialnya pintunya ketutup lagi dan meninggalkan BURN-E diluar. BURN-E yang udah bete dan putus asa bermain-main dengan tangan api dan bikin motif bunga, baru ini robot sadar klo dia bisa pake tangannya buat bikin pintu masuk. Kemudian dia menemui SUPPLY-R buat nyalain lampu yang baru dipasang. Kemudian, kita berlanjut ke adegan si pilot berantem dengan AUTO hingga kapal The Axiom miring. Karena miring itulah, lagi-lagi BURN- E kelempar keluar.

Tumblr_kvswhxziZZ1qac3xjo1_400Setelah kapten menang dari AUTO, pastinya kapalnya dikembalikan ke posisi stabil dong. Saat BURN-E mau masuk kapal, lai-lagi ia stuck diluar karena Axiom sedang balik ke Bumi dengan hyperjump. Setelah sampe di Bumi, BURN-E masuk ke kapal tapi mendapati kapal kosong dan SUPPLY-R ga ada di tempatnya. Kemudian ia masuk ke tempat kapal-kapal keil yang serupa dengan yang ditempati WALL-E untuk meledak sendiri. Melalui jendelanya, BURN-E melihat SUPPLY-R diluar dan berusaha mendadah-dadahin, tapi tangannya malah menekan tombol LAUNCH sehingga kapalnya meluncur dan jatuh di dekat SUPPLY-R.

burn_e_1Akhirnya, BURN-E menemui SUPPLY-R dengan bangganya kemudian menyalakan lampu yang terpasang baru. Namun oh namun, pintu kapal yang melayang akibat usaha BURN-E keluar dari kapal kecil jatuh merusak lampu yang baru diperbaiki. BURN-E akhirnya lemes dan jatuh putus asa disamping SUPPLY-R. Setelah credit title, SUPPLY-R memberikan pukpuk buat BURN-E sambil berkata “There, there.”. Kayaknya disuruh perbaikin lagi lampunya.

Secara garis besar, BURN-E mendapatkan skor 4,5/5, nyaris perfect dibalik kemalangan dan tugas penting si robot malang BURN-E. Gw sendiri baru tau klo ada film pendek seperti ini waktu jaga pagi di bagian anak selagi makan siang. Good job Pixar buat WALL-E dan BURN-E-nya!!! BTW, yang mau nonton cari aja filmnya di youtube, filmnya cuma 8 menitan, enjoy it🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s