Mahabharat–2013 Indian TV series

Gw tau pasti judul postingan gw bikin banyak orang mengernyitkan dahi alias N. VII motorik sedang bekerja maksimal. Era film India di Indonesia memang sudah berakhir sekitar tahun 2000an sekian. Ingatkah kita pada Kuch Kuch Hota Hai, Mohabbatein dan Kabhie Kushi Kabhie Gham? Setelah itu, era film India tersingkir, bangkita era drama Taiwan dan Jepang, disusul Korea. Namun, Indonesia banyak mendapat pengaruh dari India sejak dahulu kala, terbukti dengan Hindu dan Buddha sebagai agama tertua di Indonesia. Indonesia familiar dan memiliki Mahabharata/Kakawin Bharatayuddha dan Ramayana versinya sendiri yang sedikit berbeda dengan aslinya di India. Mahabharata dan Ramayana, karya sastra termegah India, yang dulu gw baca sebagai bacaan ringan *ringan??!* dan tugas sastra jaman SMA dulu. Ah, Bu Pur, apa kabarmu sekarang?

Yup, menurut gw, anak muda Indonesia sekarang sangat-sangat-sangat perlu membaca literatur seperti ini dibanding tawuran, dugem ga jelas, atau apapun yang ga jelas. Tau ga, gara-gara tawuran atau mau lepmpar batu, insidens cedera kepala meningkat?? Mending klo cedera kepala ringan, lah klo cedera kepala berat? Ga kepikiran yah biaya pengobatan sama dampaknya gimana? Huh!

Back to topik, gw ga akan menceritakan kisah lengkap Mahabharata, klo penasaran, baca novel Mahabharata oleh Nyoman S. Pendit atau C. Rajagopalachari, atau semales-malesnya elu buka WI-KI-PE-DI-A. Karena terlalu panjang dan ribet, seribet Tien Long Ba Bu/Demi Gods Semi Devils. Eh, Demi Gods Semi Devils karena banyak karakter. Klo Mahabharata karena cerita dimulai dari sang kakek buyut ampe ke cicitnya. Rajin amat tuh yang bikin cerita.

Oke, jadinya literatur ini sudah diangkat ke layar kaca berkali-kali dan paling membekas dalam kepala orang India adalah Mahabharat karya B.R Chopra dan menurut mbah Wiki juga pernah ditayangin di Indonesia (ga inget, masih kecil soalnya). Kini remake Mahabharata kembali dipersembahkan oleh Star Plus yang baruuu saja tayang 16 September 2013. Berikut trailernya.

Sebenernya di channel Star Plus ada beberapa trailer dengan tokoh utama seperti Arjuna, Shakuni, Gandhari, Karna, Arjuna dan Krishna. Tapi, trailer yang memperkenalkan berbagai karakter ini menurut gw cukup bagus. Karakter yang diperkenalkan sejak awal yaitu Satyavati, Bhisma, Shakuni, Gandhari, Dhristarasta (sepertinya), Duryodhana, Karna (sepertinya), Arjuna dan Draupadi. Klo diliat dari trailer sih keliatan cukup menjanjikan dengan kostum dan CGI yang lumayan menarik mata, klo soal akting, sulit dinilai (sdn).

Ada yang bertanya-tanya kenapa gw bisa menemukan trailer film ini padahal gw dari Indonesia? Sebenernya di suatu hari yang indah dan ngantuk, gw selese nonton Tian Tian You Xi/A Happy Life by Benny Chan dan Monica Mu entah episode berapa karena ketiduran dan entah kenapa muncul rekomendasi yaitu Mahabharata yang cukup menarik mata. Setelah menonton trailernya gw mendapat kesan CGI yang sama dan diperhalus seperti Demi Gods Semi Devils 2003 karya Zhang Ji Zhong. Sebenernya itu trailer serial TV apa film bioskop sih? Bagus amat efek CGInya.

Buat yang mau nonton seperti gw, siap-siap kuat mental karena pake bahasa Hindi atau Tamil atau entah apa itu dan ga ada subtitle inggrisnya, bo! Belum lagi, karena 1 episodenya 30 menit, jalan ceritanya jadi diseret agak kelamaan. Beberapa akting dan dialog jadi kebanyakan bahkan lebay.

Overall, sepertinya serial ini worthed untuk ditonton, walaupun gw ga yakin film ini bakal masuk Indonesia, hahaha. Gw masukin deh beberapa foto yang cukup eye catching.

Krishna sebagai narator (?) diperankan oleh Saurabh Rab Jain

Gandhari diperankan oleh Riya Deepsi

Satyavati diperankan oleh Sayantani Ghosh

Arjuna diperankan oleh Shaheer Sheikh

Pandawa karismatik (?)

Promotional Poster Mahabharat Star Plus 2013

 

Klo ga pake kumis, cowok-cowoknya ganteng juga yah,hahahaha

20 thoughts on “Mahabharat–2013 Indian TV series

  1. Ping-balik: Nonton-nonton drama asia part 1 | Journey of Lovianette Sherry

  2. Ping-balik: Return of Mahabharat-Mahabharata 2014 ANTV | Journey of Lovianette Sherry

  3. gw juga pusing neh dah dapet donlotannya ..eh ga ada sub title nya.. siapa yg punya yah..subnya.. mo english, or bahasa yg lain gpp dech.. yg penting ntar bisa di translate ke indonesia khan…bagi bagi donk .. bagus banget nih secara film TV india… angkat topi gw…

  4. Aih… itu cast Karna memang jd sesuatu banget krn Aham Sharma… wajah dan matanya lhoooo…..ikut bermain sbg Karna. IMHO, karena diperanin oleh Aham Sharma, tokoh Arjuna jd keliatan “hambar” banget…. nggak ada gregetnya…. (jadi nge fans berat sm tokoh Karna sekaligus Aham Sharma).

    Oya, satu lagi. Setelah nonton MB versi Starplus ini, kok perpektif ttg Pandawa jd bergeser ya? Dulu saya anggap Pandawa adlh tokoh2 yg tiada cela…. Tp skrg oleh SP digambarkan bhw mereka juga ternyata tdk “putih putih amat”. Misalnya mereka juga tega berkali-kali menghina Karna krn kastanya . Lalu dlm berbagai hal mrk banyak dibantu oleh Khtisna, kadang dgn cara2 yg tricky….

    • Setahu saya selama nonton Mahabharata versi India jadul (saya masih SD kayaknya itu) dan baca komiknya karya R.A Kosasih (yang juga mengambil basis dari versi India), Pandawa memang nggak putih-putih amat. Pihak Kurawa juga nggak hitam-hitam amat. Jadi kisahnya lebih realistislah… Tiap tokoh punya cacat atau masalah dan masalah itu yang nantinya akan jadi penyebab kejadian di kemudian hari.

      Saya lebih suka yang versi India, karena di versi Jawa, terlalu hitam-putih. Lagian di versi Jawa, porsi kesaktian/senjata pusaka lumayan dominan. Sedang India punya, lebih dominan porsi politiknya.

      Kalau mau nonton film-nya lagi, bisa ditonton (atau d-idownload) dari channel Starplus di Youtube. Tapi kayaknya sejak beberapa hari lalu, channel Mahabharat-nya ditutup. Entah mengapa😦. Banyak yang menyayangkan penutupan itu di bagian comment.

      Tapi tenang, masih ada jalan lain koq…
      Film bisa di-download dari sini: http://media.startv.in/newstream/star/starplus/mahabharat/225/lf_1000.mp4 (Ganti angka 225 dengan episode yang diinginkan).
      Sedang subtitle Indonesia bisa di-download dari sini: http://indotubes.com/terjemahan/225.srt (Ganti angka 225 dengan episode yang diinginkan).

      Perhari ini, masih komplit 167 episode. Buruan sebelum dihapus…

  5. Sebenarnya Mahabharat Ada Berapa Versi?kok Ada Beberapa adegan Yang Gak Ada Di Antv.saya Minta Dong Yang Versi Lebih Panjang Ya.alamatnya Apa.?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s