Nonton-nonton drama asia part 1

Helloowww, sejak kapan gw jadi suka nonton pelem India? Eits, jangan salah sodara-sodara, satu-satunya serial India yg gw suka nonton saat ini adalah Mahabharata produksi Star Plus. Hehe, kenapa harus dituliskan “produksi Star Plus”? karena akhir tahun 2013 juga dirilis film animasi Mahabharat sebagai katanya film animasi India termahal. Kalo serial China gimana? Ah, you don’t know me so nguweeelll, gw dari kecil ikut nonton VCD rental serial-serial China bareng bokap-nyokap gw, masih ditambah nonton serial yg dulu ditayangin di Indosiar dan di parabola rumah. (oh, jadi biang keroknya papa-mama toh? yah namanya juga kelapa jatuh tak jauh dari pohonnya, hehe). Kalo serial Jepang dan Korea? Kebanyakan karena baca komik dan nonton di Indosiar.

Tapi kok serial Indianya dikit? lah kebanyakan yang ditayangin dulu bukan serial tapi film,noh sebangsa Kabhi Kushi Kabhi Gam, Kuch Kuch Hota Hai, Mohabbatein dan lainnya gw udah ga inget lagi. Jadi mari kita sedikit bahas satu per satu.

1. Xi You Ji/Journey To The West 1997-1998 TVB-Kera Sakti

Mostly udah dibahas disini. Mau diremake seperti apapun, inti ceritanya adalah perjalanan seorang biksu mengambil kitab suci di Barat, ditemani oleh siluman kera, babi dan pasir serta naga yang menjelma jadi kuda putih. Mereka harus menempuh ribuan kilometer beserta berbagai halangan yang menanti sepanjang jalan.

Q : ceritanya betulan ga sih?

A : cerita perjalanannya memang benar bahwa biksu bernama Tang Xuanzang pergi ke India mengambil atau lebih tepatnya belajar Buddhis di India. Rumornya sih,ia ditemani 3 binatang yaitu kera, babi dan apalagi ya? Tapi mengenai silumannya sendiri, yah namanya itu cerita rekaannya si Wu Cheng-en. Walaupun ada juga festival yang merayakan si Sun Go Kong, perlu diperhatikan bahwa menurut gw, siluman-siluman dalam perjalanannya biksu Tong cuma rekaan belaka.

2. Huan Zhu Ge Ge/Princess Returning Pearl 1997-1999-Putri Huan Zhu

Yang ga tau film ini gw udah ga ngerti aja, masa kecil loeee kemana aja gilaaaa…Back to topic, cerita ini diangkat dari novel berjudul sama yang dikarang oleh Chiung Yao berkisah tentang dua orang gadis, yang satu anak haramnya Kaisar Qianglong dinasti Manchu dan satu lagi temannya yang kebetulan diangkat jadi Putri karena si kaisar salah ngira sebagai anaknya. Kalo gw ceritain gini,kesannya komedi banget yah, padahal kalo nonton, beuh. Ceritanya tragis bok, ala sinetron gitu, perjuangan mencari ayah, mencari keadilan, disiksa ratu yang super curigaan, jatuh cinta ama pangeran dan para pejabat. Buat yang belom nonton, gw sarankan nonton, karena ini serial bagus, cuma sayangnya season 3 dan remakenya kurang bagus…mostly karena pergantian aktor dan aktris kali ya yang kurang kuat dibanding karisma pendahulunya.

Q : kalo mirip sinetron berarti jelek dong?

A : bagh, jangan dibandingin ama sinetron Indo yang ga jelas lah. Menurut gw, cerita, plot dan akting  serial ini sangat kuat makanya serial ini jadi favorit dan beberapa kali tayang ulang bahkan di Indo. Masa lo bandingin ama sinetron Indo? Walau gw ga pernah baca novelnya, menurut gw serialnya terkenal faithful sama novel, buktinya Chiung Yao ga protes seperti remake tahun 2010. Yep, tapi buat yang ga suka melodrama susah juga sih, banyak nangisnya lho, walau nangisnya ga selebay sinetron Indo.

3. Juedai Shuangjiao/The Legendary Siblings 1999-2002

Gw ga tau serial ini pernah ditayangin di Indo ga trus judul Indonya apa. Tapi waktu kecil gw mikir “The Legendary Siblings” berarti protagonisnya Hua Wu Que ama Xiao Yu Er, kok  mukanya ga mirip sama sekali ya, walaupun ganteng? Seperti HZGG, Legendary Siblings diangkat dari novelnya Gu Long yang berjudul Juedai Shuangjiao, berkisah tentang anak kembar yang orang tuanya mati dibunuh dan dipisahkan ama musuhnya supaya saat bertemu suatu hari nanti, si kembar ini saling membunuh. Sadis? Nggak juga sih, makanya nonton filmnya. Pemerannya ya ganteng sih (datar, padahal…) yang main Jimmy Lin dan Alec Su. Legendary Siblings ada season 2 yang gw ga tonton dan remake yang berjudul The Proud Twins yang diperankan Dicky Cheung.

Q : masa ceritanya segitu doang? anak kembar dipisahin supaya saling membunuh saat ketemuan?

A : garis ceritanya kan begono, tapi mosok begitu aja ampe 40 episode? pasti diceritain motif blabla, usaha musuh-musuh mereka untuk membunuh mereka berdua termasuk….rebutan cewek!

4. Da Mo Zu Shi/The Supreme Master Ta Mo/Da Mo Master of Zen-2000

Nah, kalo serial ini gw rasa ga pernah tayang di Indo deh. Ceritanya adalah biksu India bernama Bodhidharma (Da Mo) datang ke China untuk menyebarkan ajaran Buddha aliran Zen. Nah, saat menyebarkan ajaran ini, ia menghadapi banyak musuh, menolong banyak orang dan siluman. Jalan ceritanya lumayan mirip dengan Kera Sakti, dibagi berdasarkan Arc gitu, jadi selese cerita ketemu siluman ini, lanjut ke siluman lain, walaupun batas antar Arc-nya ga terlalu jelas.

Q : perilaku biksu yang ditampilin di situ bener ga sih?

A : semangat menolong, welas asihnya sih iya….sisanya NGGAK! Pertama, ada yang disebut Vinaya atau peraturan Bhikkhu/I dan tentu aja disana ga tertulis biksu harus bisa kungfu, punya kesaktian bahkan nyentuh dan nyium cewek??! oh no no no no!

5. Gods of Honour/The Investiture of Gods/Fengshen Yanyi/Fengshen Bang 2001

Nah, kalo ini gw inget banget nonton di TV7 dengan judul Gods of Honour, ga pake diterjemahin segala. Kalo bukan Benny Chan yang main, ga bakal deh gw melirik ini di TV. Ceritanya agak ribet sih tapi disini memuat beberapa legenda seperti legenda Nezha/Na Cha dan siluman rubah Daji yang diutus Dewi Nuwa untuk menghancurkan dinasti Shang. Nezha, siluman elang dan Yang Chien (dewa Erlang) disini berpetualang melawanan kawanan siluman rubah Daji, siluman Pipa (istri keduanya Li Jing, bokapnya Nezha) dan membantu Jiang Ziya meruntuhkan dinasti Shang dan raja Zhou yang terkenal suka main wanita dan ga peduli urusan pemerintahan. Buat yang tau Nezha, pastilah tau kan dengan cerita dimana dia membunuh anak raja naga, abis itu raja naganya marah dan ngancem orangtuanya sampe Nezha bunuh diiri supaya orangtuanya ga diapa-apain, kemudian dia bereinkarnasi untuk menuntaskan urusannya yang belom selese di dunia.

Q : akting Benny Chan oke ga?

A : harus gw akui, Gods of Honour termasuk film yang ga terlalu jelas jalan cerita dan aktingnya juga. Jalan cerita sih mungkin emang udah kompleks dari novelnya tapi aktingnya itu lho super ga jelas. Disini Nezha suka banget marah-marah ga jelas. Tapi menurut gw masih worth it untuk ditonton, buktinya serial ini sukses di Taiwan. Nezha emang sering digambarkan sebagai anak laki-laki, tapi di banyak film menggambarkan Nezha sebagai perempuan (liat aja kepang ama bajunya), tapi cuma di Monkey King : Quest for Sutra dan Gods of Honour ini Nezha digambarkan sebagai laki-laki yang IMHO awkward aja ngeliatnya.

Trivia : kebanyakan pemain di serial ini main di JTTW juga lho. Benny Chan yang meranin Nezha juga meranin Sun Gokong di JTTW 1998, Chin Kar-lok berperan sebagai Yang Chien, main sebagai siluman kelabang di JTTW 1996, siluman elang tetaplah siluman elang dan ibunya Nezha itu ternyata siluman gagak istri keduanya siluman kerbau di JTTW 1998 lho.

Gila, masih banyak serial yang belom gw bahas. Tapi untuk sementara biarlah part 1 berhenti sampe sini. Nanti lanjut ke part 2…yukkkk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s