Return of Mahabharat-Mahabharata 2014 ANTV

Btw, judul diatas kok mirip ama Return Of Condor Heroes yak?hahaha. Oke, jadi ceritanya Februari dan Maret 2014 ini gw melihat statistik blog gw dan betapa mengejutkan tiba-tiba dalam 2 bulan berturut-turut pecah rekor dalam hal highest view dan highest visitor. Oow, ada apakah gerangan? Ternyata dilihat dari post yang mendapat view paling banyak, selama Januari-Februari itu ternyata post mengenai Kera Sakti alias Journey to The West 1996-1998 lagi banyak dicari orang dan dari situlah gw tau kalo serial ini ditayangin lagi di tipi *siyaaal, gw ga nonton*. Kemudian, anehnya Maret 2014, blog gw tiba-tiba kembali memecahkan highest views dan visitors, bahkan selama 3 hari berturut-turut pecah rekornya. Dan dari search terms yang menarik, kenapa tiba-tiba semua orang mencari cerita satyawati dan mahabharata? Trus gw googling dan ketauan lah kalo Mahabharat Star Plus yang lg tayang di India sono, ternyata ditayangkan di ANTV. Dan gw cukup bangga karena post blog gw (sepertinya lho ya) adalah post pertama yang mempublikasikan serial TV tersebut, liat aja tanggal postnya 25 Oktober 2013, itu bahkan saat serialnya baru jalan 1 bulan.

Tapi kira-kira apa reaksi pertama gw? Pastinya adalah reaksi membelalak (atau terbelalak), jeritan “AAAAAPPPPPPAAAAAAAAA!!!!!????”, jeritan lain “faaaak, gw ga nonton episode pertama?”, keraguan “hah, ANTV cepet amat beli lisensinya?” kemudian “bakal laku di Indo ga nih?” lanjut ke “yah, ga bisa nonton, jam tayangnya siang,” sampe ke “asiiiik, horeee, gw bakal nonton Mahabharat tiap malem!”. Kalo dipikir-pikir reaksi gw kok mirip 5 tahap dalam berduka yah (5 stages of grief) dimulai dari anger, denial, bargaining, depression dan acceptance, hehehehe. Tapi kubahagia..tenot-tenot-tenot.

Terlepas dari itu semua, barangkali ini adalah kebahagiaan awal tahun gw, huahahaha. Gimana nggak, akhirnya serial luar negeri yg gw tonton ini akhirnya tayang di TV lokal, tentunya dengan dialog dalam bahasa yg gw mengerti. Kebayang ga, gw selama ini nonton tanpa subtitle, pake bahasa kalbu doang. OMG. Dan sebnernya ga gw prediksi sih kalo bakal ada stasiun TV yang melirik serial ini, mengingat stasiun TV indo kan mayoritas ga mendidik bahkan sampai ke acara beritanya yang provokatif dan super negatif abis.

Oke,oke, sekarang kita bahasa mahabharatanya ya. Sebenernya apaan sih itu mahabharata? itu adalah cerita rakyat super panjang yang berasal dari India, intinya sih cuma perang saudara antara Pandawa vs Kurawa. Ada juga sih elemen penting seperti Bhagawat Gita, salah satu kitab penting dalam agama Hindu. Nah, biarkata aslinya India, tapi inget dong dalam pelajaran sejarah kalo awalnya Indonesia juga dimulai dari Kerajaan Hindu-Buddha? Nah, mereka juga mengadopsi cerita Mahabharata sendiri sehingga lahirlah Mahabharata versi Idonesia atau nama lainnya Kakawin Bharatayuddha, intinya masih perang saudara tapi elemen ceritanya sih banyak yang berubah. Gw ga tau soalnya gw blom pernah baca yang Kakawin Bharatayuddha. Nah, kalo mau baca Mahabharata asli India ini, cari aja buku Mahabharata karangan C. Rajagopalachari dan Nyoman S. Pendit atau kalo mau yang versi asli yang super panjang itu ya silahkan buka ini atau googling sendiri aja deh. Sebelum gw lupa, jadi sebenernya Mahabharata di India pun ada banyak versinya namun yang umum dibaca orang adalah yang diterjemahkan dari bahasa Sansekerta oleh Kisari Mohan Ganguly, dan interpretasi dari bahasa Sansekerta pun bisa berbeda-beda.

Mahabharata udah diangkap ke berbagai media, layar tancap lah, film bioskop lah, sendratari gw rasa juga ada, animasi dan serial TV. Seperti gw bilang di post sebelumnya, kalo Mahabharata paling terkenal adalah serial TV bikinan BR Chopra dan sepertinya pernah tayang di Indo sekitar tahun 1994an. Dan sekarang adalah remake terbaru oleh StarPlus baru tayang di India sana 16 September 2013.

Mahabharata Trailer Draupadi

Draupadi…tau kan Draupadi? Atau Drupadi…itu tuh istrinya Pandawa. klo versi India, Draupadi beneran nikah ama 5 orang Pandawa, tapi klo di Indonesia klo ga salah, dia dimenangkan oleh Arjuna tapi jadi istrinya Yudistira doang.

Komentar gw waktu pertama ngeliat trailer ini : hmm, Draupadinya gimana yaaa…galak gitu…efek dimana kain sarinya menutupi badan waktu ditarik ama Dushashana aneh gitu.

 

Mahabharata Trailer Shakuni

Shakuni atau Sangkuni, kakak dari Gandhari, terkenal sebagai orang yang merancang permainan dadu dimana Yudhistira kalah dan harus menjalani pengasingan selama 13 tahun.

Komentar gw waktu pertama ngeliat trailer ini : apa sih ni orang nusuk kaki sendiri trus jahat ga jelas diatas gunung? tapi aura jahat dan liciknya mantep juga sih pas dia menggelindingkan dadu. Btw, dadunya kayak gitu ya?

Mahabharata Trailer Gandhari

tau siapa Gandhari? itu tuh, emaknya Kurawa, noh ibu yang melahirkan 100 anak raja Drestarasta/Dhristarasta.

Komentar gw waktu pertama kali liat trailer ini : 20 menit pertama super bosen, terus pas Gandhari nutup mata, lho lho kok semua benda meleleh gitu? OOH, ternyata penggambaran saat si Gandhari menutup matanya sendiri…gila keren abisss!

Mahabharata Trailer Satyavati

Satyavati atau Satyawati, nenek buyutPandawa dan Kurawa, disini digambarkan super ambisius supaya keturunannya bisa mewarisi tahta kerajaan Hastinapura Dinasti Kuru yang sebenarnya dengan sah dimiliki oleh Devavrata/Dewabrata aka Bhisma/Bisma

Komentar gw waktu pertama kali ngeliat trailer ini : entah kenapa,gw punya kesan pengen nabok cewek yang satu ini, super pride dan segitu lebaynya nangkep ikan gede? Tapi, merem melek deh gw liat BG dan CGI yang segitu niatnya

TELL ME WHO’S WAITING FOR ARJUNA?

Mahabharata Trailer Arjun

Arjun atau Arjuna, Pandawa ketiga yang katanya super ganteng (ga diragukan sih, istrinya banyak), pemanah terhebat yang diakui sepanjang masa

Komentar gw waktu pertama kali ngeliat trailer ini : Krishna atau Krisna atau Kresnanya sih lumayan ganteng, kalem, cool gitu…tapi…why the hell Arjuna tampak kayak orang galau?

Mahabharat Trailer Krishna

Siapa yang ga kenal Krishna/Kresna? Inkarnasi Dewa Wisnu/Vishnu, dan salah satu karakter penting dalam hal pemenangan Pandawa vs Kurawa dalam Perang Kurukshetra.

Komentar gw waktu pertama kali ngeliat trailer ini : Sekarang malah Krishna lebih cakep daripada Arjuna, gimana sih?

LAST BUT NOT LEAST….trailer asli vs yang udah di dub

Mahabharata trailer Star Plus, tokoh–tokoh utama

Mau tau apa reaksi gue waktu pertama kali nonton trailer ini? Anjrit, ini CGI niat amat kayak trailer film bioskop, ga kalah lah ama CGI serial silat China sekarang. Harapan besar ini serial harus dan pasti bagus.

Begitu didub…

Mahabharata trailer versi ANTV yang sudah didub dan entah kenapa urutan karakternya diacak

Hmm, coba dianalisa satu-persatu (ini bakal super panjang lho) :

Seruling Krishna : oke, ga ada perubahan

Scene berganti-ganti dari istana Hastinapura, pasukan berkuda kayak mau perang dunia sampai penampakan Dewi Gangga + narator Krishna : uhm, pengisi suara Krishna siapa yah? Suaramu tuh bagus , dek. Tapi Krishna kan seharusnya juga punya wibawa dalam suaranya, kamu kok bawain lembut pisan? Perhatiin deh si Saurabh Raj Jain pemeran Krishna itu ngomong “Mahabharat!” intonasinya kuat dan penuh kekuatan lho, suaramu kok kayak mau pacaran aja. BGM juga ga sesuai dengan trailer Star Plus.

Dunia ini menyimpan banyak cerita. Tapi hanya ada satu kisah kepahlawanan yang memiliki cerita tersembunyi didalamnya…Mahabharata.

Tentang terjemahan okelah, line ini masih gw terima. Beberapa bulan yang lalu di channel youtube Tya Nritya yang mensubtitle trailer Mahabharat Star Plus dan beberapa episode awal Mahabharat. Gw masih inget sedikit subnya dalam bahasa Inggris walau kalo diterjemahkan dalam bahasa Indonesia ya tidak mirip persis dengan yang ditayangkan. Tapi ya sudahlah.

Bisma/Bhisma : WOI, itu apaan ada beberapa detik scene langit kuning, bulan, perahu diatas danau dan ikan-ikan? Ngecut tuh yang bener deh ih, itu scene Satyavati/Satyawati tauk! Kalo mau memperkenalkan Bhisma duluan, kenapa scene ini bisa nyelip di scenenya Bhisma? Blom lagi Shantanu, bapaknya Bhisma itu aslinya sedang berteriak memanggil anaknya “Devratttt!” (sebutan untuk Dewabrata aka Bhisma) makanya di trailer aslinya Shantanu teriak “aaaaaa!” bukan “heeeaaaaa…” dan bukankah seharusnya BGMnya tidak seperti itu?

Akulah yang akan mengatur segalanya!

Seinget gw terjemahan dari sub Inggris itu adalah “aku tidak menikah selamanya”. Hei, lagipula Bhisma kan terkenal dengan sumpah selibatnya makanya bener tuh Narator bilang “Kisah tentang cinta Bhisma kepada ayahnya”. Soal pengisi suaranya, hmmm… Arav Chowdhary pemeran Bhisma punya karisma dan kekuatan sendiri, tapi gw juga ga kecewa kok dengan pengisi suaranya.

Satyavati/Satyawati : seperti yang gw bilang bahwa scene Satyavati ada yang nyelip di bagian scenenya Bhisma, tapi mulainya cukup bagus sih pas Satyavatinya balik badan.

Bila seluruh dunia bisa bersemayam di mata yang kecil ini, lalu mengapa aku harus menghina dewa hanya dengan permohonan yang sederhana?

Terjemahannya sih oke juga, walau seinget gw ada yang ga sama persis, tapi pengisi suaranya itu lho. Sayantani Ghosh disini berperan sebagai wanita yang ambisius maka suaranya pun penuh gairah, haus kekuasaan dan sombong luar binasa. Tapi yang gw denger disini adalah karakter Satyavati yang ngotot… Hadoh, perbaiki lagi intonasinya. Dan kenapa sih BGM ga ada yang cocok?

Dhristarashta/Drestarasta : apalagi yang harus gw bilang dari si raja buta ini?dari caranya mukul gajah ama lempar pisau aja gw ampe heran ni orang buta kagak sih? Oke oke, buat gw disini pengisi suara Indo dengan suara Anoop Singh Thakur sudah pas, kecuali pengisi suara Indonya terdengar jauh lebih tua, Anoop Singh Thakur si aktor Dhristarashta aja umurnya baru 25an klo ga salah.

Kau telah menutup mata tapi bukan penglihatan!

Justru seinget gw terjemahan berdasarkan Tya Nritya adalah “I may be lack of eyes but not of vision”. Tapi oke, terjemahannya bisa gw terima. Dan lagi-lagi, BGM ga sesuai, astaganaga!

Shakuni/Sangkuni : Barangkali pengisi suara Shakuni aka Sangkuni, penjahat yang paling jahat di cerita Mahabharata (soalnya dia yang ngelicikin Yudhistira ampe kalah main dadu dan ngomporin keponakannya Duryodhana buat musuhan ama Pandawa) adalah pengisi suara yang paling memuaskan selama sejarah dubbing trailer Mahabharata. Nada pas, intonasi pas, kesan jahatnya juga dapet, persis seperti Praneet Bhatt, pemeran Shakuni. Terjemahan juga pas.

Aku tidak akan membiarkan luka ini sembuh, sampai Hastinapura bisa aku hancurkan!

Sekarang malah naratornya yang bermasalah : “Dendam Pamannya Sangkuni.” Halo? PamanNYA? NYA itu siapa? Shakuni/Sangkuni ya adik iparnya Dhristarashta/Drestarasta, kakaknya Gandhari dan pamannya Duryodhana. Bilang aja “dendam Shakuni” aja napa sih seperti aslinya?. Dan BGM BGM BGM ga cocok…

Gandhari : Selain Shakuni/Sangkuni, pengisi suara Gandhari adalah pengisi suara yang paling memuaskan nomor dua. Sudah sesuai dengan aslinya, Riya Deepsi si pemeran Gandhari. Terjemahan tidak ada masalah.

Pengorbanan ini sudah menjadi nasibku.

Again yah, BGM tidak sesuai, padahal visualisasi Gandhari menutup mata itu musiknya rada mistis lho, seiringan dengan menghilangnya benda-benda di sekitarnya termasuk tertutupnya cahaya bulan saat ia menutup matanya.

Karn/Karna : aktor serta karakter terfavorit gw, Suryaputra Karna yang diperankan oleh Aham Sharma. Oke, tau masalahnya disini?

Sampai kapan kamu akan menyelamatkan diri dari balik suku dan ras? Dalam perang nanti, anak panahku sanggup mencari kamu!

Pertama, kalo ngomong jeda jangan kelamaan. Kedua, kalimat diatas diutarakan Karna untuk musuh bebuyutannya Arjuna, maka pada trailer aslinya Aham Sharma berbicara dengan penuh kebanggaan, harga diri, kesombongan dan semua ego yang ada pada seorang laki-laki yang maju bertempur. Tapi yang gw denger disini cuma seorang yang sedang mengancam, sombongnya ada sedikit sih. Tapi gw rasa pengisi suara udah cocok, cuma perbaiki aja biar mirip ama Aham Sharma. BTW, awas lho kalo ampe beda keliatan ga punya karakter gitu, Aham Sharma itu aktor hebat, ga main-main dia kalo akting, jangan dihancurkan dengan dub yang payah.

Arjun/Arjuna : si ksatria yang entah kenapa di trailernya keliatan kayak orang galau. apa yang gw denger didub Indonesia kok sensasinya beda yah ama suaranya Shaheer Sheikh si pemeran Arjuna?

Dalam perang kebajikan ini, Arjuna akan menghabisi ketidakadilan!

Eh, entah kenapa gw suka pengisi suara Arjuna yang bahasa Indonesia lho. Soalnya menurut gw suaranya Shaheer Sheikh tuh bener kayak orang lagi galau. Tapi ya menurut gw juga pengisi suara Indonesia karisma harus lebih kuat lagi sih, lebih punya tekad gitu lho dalam menumpas kejahatan dan membela kebenaran. Dan buat narator, setau gw kalimat “Ye Katha Hai Mahanayak Arjun ki” itu artinya adalah it is a story about Arjun, the greatest archer.” Archer alias pemanah lho, bukan pahlawan. Kalo diganti menjadi pendekar atau ksatria gapapa deh.

Duryodhan/Duryodhana : pengisi suara Duryodhana juga lumayan bagus nih, cuma perhatikan bahwa Arpit Ranka aka Duryodhana ini lagi ngeyel ke Bhisma yang notabene adalah kakek buyutnya, jadi bikinlah suaranya seperti orang sombong yang keras kepala dan ga mau dengerin orang. Klo sekarang ini gw anggap pengisi suaranya lebih banyak sombongnya dibanding ngeyelnya. Untuk terjemahan gw setuju.

Jangan mengajari kebajikan dan kebatilan. Ajaran Anda tidak akan sanggup menghentikan perang mahabesar ini!

Anu, menurut gw ga usah perang mahabesar, cukup perang besar aja deh. Lebay lho kedengarannya.

Draupadi/Drupadi/Dropadi : Wanita paling penting di Mahabharata, istri para Pandawa dan pencetus perang Kurukshetra. Pooja Sharma, eh Draupadi ini kan rencananya mau dipermalukan sama Kurawa, kemudian dia itu mengutuk supaya Kurawa jadi hancur. jadi pengisi suara Draupadi, Anda kurang di nada mengutuk itu, lebih ke arah ngotot. Draupadi itu lahir dari api persembahan Raja Drupada kepada Dewa Shiwa/Shiva dan marahnya ga main-main lho.

Kamu telah melihat ketidakberdayaan Drupadi dan kini aku akan melihat kebinasaanmu!

Terjemahan oke. Tuh kan, lihat nih akibat dari dicut-cut. BGM  super ga nyambung.

Penutup (narator Krishna): kan udah gw bilangin di awal, jadi Krishna suaranya tegas dikit dong, jangan terlalu lembut gitu lho, ga ada karismanya!

Apa yang kamu pelajari disini tak dapat kau temukan dimanapun di dunia ini!

Ehm, betulkah terjemahannya seperti itu?

————————————-potong anunya disini————————————

oke, kira-kira itulah yang bisa gw sampein dalam post gw kali ini. Next post atau kalo gw sempet gw akan bikin list lengkap daftar pemain Mahabharata. Mahabharat kali ini banyak sekali cowok cakepnya, mungkin yang di India sana banyaknya penggemar Shaheer Sheikh (Arjun) dan Saurabh Raj Jain (Krishna), tapi udah gw bilang tadi, Arjunnya kayak orang galau, malah Krishnanya yang lebih cool. Tapi saking banyak cowok cakep sih, gw jatuh hati ama Aham Sharma, pemeran Karna, hahaha, gila-gila. Ntar pas entry scene Karna dewasa itu udah super keren di dunia ini deh.

Trivia : buat yang nonton Mahabharata versi BR Chopra, masih ingat dengan ini ga?

Kembalinya Puneet Isaar yang berperan sebagai Duryodhana pada Mahabharata versi BR Chopra sebagai Parashurama/Parshuram di Mahabharat Star Plus.

Moral of this post : nonton Mahabharata di ANTV tiap Senin-Jumat jam 20.30 WIB.

Disclaimer : Promosi ini dilakukan semata kecintaan dan kefrustasian nonton Mahabharat Star Plus tanpa subtitle dan tak disangka akhirnya tayang di Indo dengan bahasa yang bisa gw ngerti.

122 thoughts on “Return of Mahabharat-Mahabharata 2014 ANTV

  1. Sebenernya, klo diperhatiin, di semua film yang menampilkan tokoh Krishna, pasti gantengnya tu ada sisi feminimnya walaupun sedikit. Sedangkan Arjuna lebih ke ganteng yang tidak biasa, harus dilihat pakai hati, hehehe. Wajar lah klo Krishna justru yang paling ganteng soalnya dia kan reinkarnasi langsung dewa Visnu..
    Mengenai Drupadi, sebenarnya di kehidupan sebelumnya, dia meminta seorang suami kepada dewa Siva yang memiliki 5 kelebihan yang tidak dimiliki pria lain (kebijaksanaan, kekuatan fisik, ahli memanah, super ganteng, dan super sabar) tapi dewa Siva bilang “Tidak ada satu orang pria yang memiliki semua kesempurnaan itu” tapi dia ngotot. ya sudah dikabulkan oleh dewa Siva dalam bentuk lima suami sekaligus.

    • tolong d tambah durasinya dong,,,,, kan nanggung kalo setengah setengah … mkin ksini mkin bgus ,,,, syangkan klo wktunya hanya 30 menit

  2. Seneng banget ANTV menayangkan Mahabarata,, kita jd punya tontonan yg mendidik,,, daripada nonton sinetron indonesia yg super lebay,,, hidup ANTV tp tambah lg donk durasix

  3. Harusnya fim yg penuh dgn nilai baik ini yg justru dipanjangin lgi durasinya, bisa smpe brap bulan nih kelarnya,. Filmnya aja smpe 200 episode, trs tayangnya cmn 21 menit /malam,. Mnding campur-campur yg gak enak dilihat itu yg durasinya di gnti ajah.. Sayang loh, Mahabharata bnyak bgt ditonton oleh semua agama diIndonesia.. Tpi klo mmg campur-campur harus ttp di tayangkan, mnding dignti ajah tayangnya mahabharata jdi hari minggu. Biar aga’ lamaan dan puas.. Ato ga setiap malam mahabharata dgn durasi yg panjang kira-kira 1 jam atau lbh. Trs campur-campur diganti jdi mlm mnggu. Ntar klo Mahabharatanya udh kelar baru de balikin campur-campur kesemulah.. Lagian kan campur-campur ga’ Live jga, trs kadang ga’ baik lgi cara candaannya.. Saran saya yah.. Tq

  4. Walaupun udah donlot versi star plus yg bahasa india tetap aja nyari2 ulasan2 mahabharata biar tambah ngerti, hehe
    Suka bgt dgn tokoh bhisma dan karna d film ini. Jatuh cinta dgn kharisma dan karakternya yang kuat..🙂

  5. kalau aku terkesima pertama kali saat melihat wajah raja pandu yg tampan dan hatinya penyayang tapi juga bijaksana pokonya 100 buat raja pandu nama asli dari pemeran raja pandu adalah arun rana

  6. Menurutku dubber Drupadi sudah sip tuh, ajip supertop! Wibawa, kemurkaan, merasa dizalimi waktu di trailer ANTV beneran menguap dan merinding pas dia ngutuk dgn suara sedingin itu. Bahkan saya merasa ‘ini lho! Yg kayak gini nih suara Drupadi asli’ *halaah* bahkan sy berharap suaranya harus lebih greget dibanding suara Pooja Sharma sendiri. Hehe. But yeah, ini pendapatku ttg dubbing. Apalg Drupadi adlah tokoh favoritku! Penasaran sm dubbernya Srikandi? Heumm~ suaranya ‘kn agak maskulin gitu, ada gk ya dubber yg cocok.

  7. aduh flim mahabharata nya bagus pisan euyyyy
    tpi sayang😦 ……………………..
    durasi nya sebentar pisan😦
    di lamain ke
    huuuuuuuuuuuuuuuuuuuu dasar yg muterin nya PELITTTTTTTTTT ;P

  8. satus-satunya tayangan india yg saya suka,,,tapi makin kesini makin mepet jam tayangnya kedesek super deal…rrrrrr….napa sih tayangan bagus malah makin malem aja

  9. terimakasih ulasannya. nambah pengetahuan/?
    agak nyesel ga nonton dari eps 1. malah sempet jelek²in. pas liat iklannya aku bilang “apaan sih ni. ga jelas banget.” yaaaaa karena sinetron ataupun tayangan di indonesia lg memprihatinkan ya. jadi aku anggep semua yg ditayangin di Indonesia ga mutu.
    eh gataunya pas lg ikutan kumpul di ruang keluarga bareng mamah, papah dan adek lg pada nonton. awalnya aku cuek bebek aja. tp lama² menarik -.-
    aku inget bgt baru nonton pas episode gandari mukul² perutnya karena anaknya ga brojol²/? eh malah jadi ketagihan.
    suka banget sama yudistira sama arjuna kecil. tapi pas udah gedenya arjuna sama nakula. doh mereka ganteng bgt.
    oh iya, aku malah jadi numpang curhat 😁

  10. Mahabrta tygnua pndek bukan krna pmutar nya plot taping dIndia masih tayang ni film mknya nggk LMA durasinya takut trkejar Sana filmnya ….

  11. cadafi
    19 mei 2014pukul 16:25
    kirim salam buat pemain mahabharata
    selesai syutting di tungggu kedatangannya di indonesia.
    salam kenal buat saheer seikh dan aham sharma.
    durasi tayangnya ditambahin dong…

  12. trims bgt buat ulasannya..ditunggu post tentang Mahabharata 2013 berikutnya..
    tapi aku ngerti bgt kenapa Arjuna kaya’ (atau malah memang) galau..soalnya siapa yang nggak bakalan galau kalo orang yang kita cinta harus dibagi sama saudara sendiri..belum lagi berperang sama orang-orang yang kita sayang dan hormati..(bela2in Arjuna soalnya ngefans bgt sama Shaheer Sheikh..hi..hi..^-^)
    tapi bete juga lihat Arjuna..dia sering kecewain Drupadi..padahal Drupadi cinta bgt sama Arjuna..hiks..

  13. Ampunnn, paling kesel nonton Mahabharata, selalu melirik jam, sambil bergumam “yah yah yah, tar lg huabis niiiii”, sambil pasang tampang bT. Pas nunggu jam tayangnya bikin deg-degan. Mohon di tambah durasinya, minimal 1 jam, layaknya tayangan-tayangan yang diputar di TV. Thanks.

  14. mahabarata emang keren baru kali ini nunggu acaranya sampai gak sabaran
    please dong durasinya dipanjangin gitu biar asik nontonnya

  15. Gue suka bgt sama arjuna atau shaheer syeikh ,,,eeemmm,gnteng biniiit,mnis,imut” lgii…cooool abizzz,tpi ad jga yg gnteng mnrutq,karna dan krisna,mreka ggah dn cool jg
    ,tpi q uda jtuh hti sma shaheer syeikh,i love youuuu arjunaaa…pngen ktmuu..hhee

  16. Akhirnyaaaaa ada situs orang indo yg mmbahas film mahabarata. Dan akhirnyaaa ketemu yang sama2 nge fans sama pemeran KARNA dewasa yg sumpah ganteeng Gilaaaa… *high five*

    Setuju sama Arjuna yg kliatan agak galau, tp bolehlaah.. masih ganteng lah.. mungkin emang dicari yg galau krn critanya si arjuna ini kan beristri banyak jd emang feminist means sensitif sama wanita.. uda kliatan dari kecilnya dia yg paling peka thd emosi ibu kunti n brlanjut smpe gede dmn dia memang seniman.. jd ya galau2 gitu cucok lah..

    Yang agak heran, kok Krishna ga item ya kulitnya? stauku dia slalu digambarkan hitam manis.. lha ini malah putih manis? Arjuna sampe kalah ganteng. Tp ya sudah gpp tetep suka..

    Dari kmrn ga bisa tidur krn kesengsem bgt sama serial di ANTV ini n akhirnya sibuk cari donlotan nya di yutube dan ketemunya slalu yg punya starplus dmn ga ada subtittle nya jd cuman cari adegan2 nya aja mengobati penasaran gw sesaat, tp balik lg ke ANTV buat nonton dubbingan nya. Setuju bhw dubbingan paling keren adalah sangkuni, tp gw ga sanggup mengkritisi dubingan yg laen krn ada serial ini di ANTV aja uda brsyukurrr, hahahahahah

    Gw adalah produk masa kecil yg habis ngebacain komiknya mahabarata punya RA kosasih dari awal s d prabu udayana, dilanjut dengan novel2 indo yg punya bbrp versinya. MY Dad is also big fan of this story and we often spend time to review the story and its philosophy.
    BUT THE FILM???

    Ganteng2 gilaaaaaa….. cantik jg… Habis ini mo mulai ngapalin lagu2nya n humming dmn2. And.. follow link2 yg ada disini for another download.

    Bahas terus ya mahabarath nyaaa.. and I’m going to be your best fans too..

  17. Arjuna digambarkan galau mungkin karena keadaan dia pada saat perang Baratayuda yg walaupun bisa menghancurkan banyak musuh tetapi yg menjadi musuhnya adalah orang-orang yang dia cintai kakek Bhisma, Guru Dorna, ayah, anak, paman, sodara, dan prajurit Hastinapura. karena kegalauan Arjuna inilah yang menyebabkan turunnya bhagavad gita

  18. Is the best buat pra pandawa, trutama Saheer Sheik (arjuna).

    Buat ANTV prpanjngain d0nk durasinx pleasse, pleasee….
    msax cpet bnget.

  19. yg bikin ripiuw so tau, so asik.. ngelamar ke ANTV sono jadi pengarah dubbing kalo ngrasa so ngerti..
    yg bikin film pasti lebih tau dan punya maksud tertentu kenapa arjuna digambarin kaya orang galau.. baca2 lagi sono!!!

  20. all…dari pada emosi nonton di ANTV karna durasi pendek…mending beli DVD aja…sementara ada 8 season.. 194 episode…nonton makin jauh…makin emosi..makin penasaran..
    ….menurut kalian,siapa perempuan paling cantik di film ini..pilih 1 saja.
    klo gw…DEWI GANGGA paling cantik
    Stuju….HIDUP VASUDEV…wkwkw

  21. saya suka banget serial mahabarata, kisah sejarah hindu, apalagi melihat arjuna dan lima pandawa yang lainya itu sangat menginspirasi i love mahabarata

  22. tentang arjuna yg galau di trailernya itu emang lagi galau kan, karena dia bingung, orang-orang terdekat dan yg disayanginya harus dia lawan, seperti kakeknya bhisma, drona, dll. sampe” dia jatuhin busurnya. lalu dinasihati sama krisna. akhirnya dia ngambil busurnya lagi

  23. Blognya keren, memang di Mahabharata Starplus ini beberapa cerita dan scene tidak sesuai dengan cerita asli karangan Wiyasa. Next akan ada kisah dimana Arjuna terpaksa menikah dengan Subhdra dan feel Guilty dengan Draupadi..hedeh..bukannya Subhadra adalah istri favorit Arjuna. Well lepas dari itu semua saya salut dengan para pemain Mahabharata ini.

  24. arjuna memang digambarkan sifatnya peragu, ganteng, jago perang dgn panah yang terutama, dan transgender (mski sebentar), dan play boy kelas buaya,,
    oleh krn itu dia membutuhkan subhadra utk menguatkan niat di jalan kebenaran di samping jalan kebenaran dr kakak ipar krishna,

    di serial ini memang aneh, terlalu membesar2kan draupadi, pdhl yg paling dicintai arjun kan subhadra (aslinya), beberapa kali jatuh cinta paling nyaman dgn subhadra, di serial ini juga subhadra “ngebet” abis dgn arjuna, pdhl aslinya kebalikan, arjuna yg “ngebet” sm subhadra, dia mendapatkan draupadi krn acara sywarma atw ap gtu bkn krn cinta tp krn sayembara dan menghormati draupadi krn sbg anak raja draupad, menikahi oolopi dan citranggada karena merasa ditipu, bla bla bla,,
    pdhl di cerita wayang oleh pak dalang kisah arjuna dan subhadra itu merasuk ke jiwa dan hati yg bercinta, bikin iri dan meleleh,,, romatisss sekalii, perjuangan mendapatkan subhadra berat sekali, aslinya di wayang subhadra itu tegas, cantik, santun, sopan, pandai, sabar dan keibuan, bhkn ketika arjuna meminta ijin kpd subhadra (krn subhadra adl istri utama alias permaisuri) utk menikahi srikandi, subhadra tetap sabar,,, tp di serial ini gak banget, cuma efeknya dan pemain doang yg oke,,,
    mnurut gw subhadra itu ap gak mikir ya? sdh arjuna istrinya banyak, mau aja menikah dg arjuna,

    draupadi, wanita yg sangat ambisius, cintanya hanya utk arjuna tp cinta arjuna kmn2 (mksudnya, mami kunti, drona, krishna, kakak2, adik2, bhisma kakek, dll, jd galau dan peragu), harusnya pny suami 5 ganteng smua gtu kan senang,, dia gak sadar jika yg paling perhatian dan pengertian kpd cinta draupadi adl Bima, (harusnya Bima lbh cinta Hidimba), dialah pemersatu pandawa… gw itu pengennya yg jadi draupadi itu yang jadi rukmini,,

    tentunya karna paling okee (setia dgn koalisinya),, disamping abhimanyu (anak berbakti dan berbakat),,, dan sifat setia bhisma kpd negara, sifat yudhistira yg penyabar dan merakyat, sifat bima yg keras dan penyayang, sifat sadewa yang bijaksana,

    sekian

    • Super setuju! mustinya yang jadi Subhadrapun dibuat lebih cantik dari Draupadi, karena penggambaran saat Subhadra turun dari kereta adalah..bahkan semua orang jadi speechless( yang ini kata2 saya hehe ) saat memandang kecantikannya. Mungkin Aishwarya Rai dengan kulitnya yang eksotis cocok jadi Subhadra..hmm setujukah anda?

  25. menurutku habis ini bau2 orang indo bakal niru ini series deh. Tapi itu merupakan pengaruh yang positif juga sih. Orang indo kan gampang banget kepengaruh budaya luar. Dengan adanya sinetron Mahabharat ini kayaknya orang orang indonesia bisa balik lagi mencintai budaya sendiri. Khususnya wayang. fyi, Desember 2014 nanti ada film silat yang ada Nicholas Saputra lho xD #nggakpenting

  26. Maaf, numpang nanya min kalo mau download suara serulingnya waktu krisna ceramah itu dimana, n namanya apa ya ?

    • gw punya neh bro..suara seruling krisna…tp gak ada linknya…soalna gw ambil dari converter..
      klo lw mau ntar gw kasih lewat bb or wa

  27. gw punya neh bro..suara seruling krisna…tp gak ada linknya…soalna gw ambil dari converter..
    klo lw mau ntar gw kasih lewat bb or wa

    • Ya gak pantes lah arjuna.krna kan drrupadi bukan iatrinya 5 pandawa lgi ,kan pas selesai di lucuti bilang klo kunthi bkn ibu mertua nya lgi trus jga blng bahwa 5 padawa bkn suaminya lgi.pertama liat saya suka lha pas jdi ratu sifat nya sombong bingitttth.trus perang nya dikarnakan drupadi ingin tahta hastinapura sja.lalu siapa yg menanggung dosa prajurit dan para ksatria yg mati (ya drupadi lah).anak paling di sayang arjuna hanya abhimanyu.dan istri yg paaling dicintai ya subhadra lah pas mau pergi ke pengasingan megang perutnya subhadra apakah drupadi pernah

  28. gara-gara bola sama mahadewa mahabaratanya. durasinya jadi sedikit deh. yongalah jan-janeki apik durasine dadi titik banget.

  29. cerita yg legendaris…gk cuma di India,, legeenda ini juga sudah membuwi di nusantara…tambahin durasi tayangnya donk antv…masa cm setengah jam??

  30. Durasi… Oh Durasi… Mana tambahan durasinyaaaaaaaa…?!! \\ (>o<) //
    Btw.. thanks a lot buat ANTV udah kasih tontonan yang extraordinary😀

  31. ini nih,serial favorit gw…hehe…ganteng bgt yg jd arjuna(shaheer sheikh).arjuna cocok bgt ma drupadi.eh,btw,mahabhrata yg tyg d antv durasi’y cm 20 mnt,dkt bgt…tp,gapapa sh,biar mahabharata gk abis2,biar puas lht muka’y si arjuna ma krishna yg ganteng abs!hehe:)…eh,gw lht di antv,ad iklan arjuna(shaheer) dan hatim(rajbeer) mengucapkan selamat beribadah puasa,gila gntg bgt si arjun….mkn kesengsem dh gw…love mahabharat…love shaheer,shaurab,and pooja….

  32. ya klo menurut gw sih……
    teteplah masih keren n ganteng mahabharat pemainx
    lagian gw liat dari iklanx aja ga meyakinkan gitu,tp yah udalah terserah pemirsa mo pilih yg mana
    klo gw ttp sm Shaheer Sheikh forever after or selamanya………………………………
    ga ada yg bisa nyaingin dia……:)

  33. ni film kren bgt!setiap dgr musik seruling krishna,pst teringat m ikln mahabharat ps puasa: saksikan mahabharata di antv,selamat hari raya idul fitri…wkwkwk

  34. SEKIANG LAMA,NYA SAYA MAIN TOGEL

    BARU KE 14 KALINYA SAYA MENANG

    4,ANGKA DAN SAYA SANGAT BER,SHUKUR

    KPD ALLAH DAN BERTERIMAH KASIH KPD

    AKI YANG TELAH MEMBANTU SAYA

    BERKAT BANTUAN BELIU SAYA BISA MELUNASI

    HUTAN SAYA YANG ADA DI BAN,BRI TAK DI SANKA,SANKA

    4,ANGKA YANG DI BERIKAN AKI YAITU 4518 ALHAMDULILLAH

    SAYA MENAN 250 JTA UNTUK PENGEMAR TOGEL INI LHA

    KISAH NYATA DARI SAYA KALAU ANDA MAU BUKTI INI NO BELIU

    O82_384_222_547 SEMOGA BISA BERMANFAAT UNTUK ANDA

    ANGKA DARI AKI SUDAH TERBUKTI 14X PUTARANG BERTURUT2 TEMBUS AMIN.

  35. iiiiiiih arjuna itu gak galauuu tau,cuma di ceritanya kan dia bakal kehilangan orang orang yang dia sayang,tapiii wajah aslinya itu super ganteng dan gak galau,lo aja kalo’ komentar gak bener,emang muka lo udah bener?ngomentarin orang se enaknya sendiri,apa lagi lo ngomentarin yg gak bener ke orang yg aku idola in!justru sang arjuna itu ganteng banget,apa lagi pas di film navya.aduuuuuuuuh klepek klepek deh,dan arjuna paling banyak fensnya tau.
    abimanyu juga ganteeeng bingits,aduuuh bapak sama anak sama sama ganteng nya,buat Abimanyu&Arjuna….I Love You….

  36. ya Allah ganteng banget Shaheer Sheikh&Paras Arora,aku aja jd salting kalo liat mereka di MAHABHARATA.tp sayangnya durasinya di ANTVdikit banget,belum nyampek setengah jam,eeeh udah keburu habis,antv tooolong di panjangin dikit ya durasinya.^-^ 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s