Daftar (ga lengkap) Pemeran Mahabharat 2013 Star Plus part 1

Oke, seperti yang gw janjikan ini adalah daftar pemeran Mahabharat 2013 Star Plus (atau Mahabharata 2014 ANTV). Perlu diinget karena serial ini juga masih tayang di India, kemungkinan daftar akan bertambah dan lihat saja nanti apakah gw sempet ngupdate atau tidak.

Udah tau kan cerita Mahabharata kan super panjang tuh. jadi pemerannya juga buanyak sekaleee….Mulai dari leluhurnya dulu yah..

1. Raja Shantanu/Santanu (Sameer Dharmadhikari)

Raja Shantanu/Santanu ini terkenal punya 2 istri yaitu Dewi Gangga, kemudian mereka punya anak bernama Dewabrata/Devavrat yang kemudian dikenal sebagai Bhisma. Istri Shantanu yang satu lagi yaitu Satyawati/Satyavati, dan punya 2 orang anak yaitu Chitrangada dan Wicitrawirya/Vicitravirya.

Aslinya Shantanu telah menobatkan anak dari pernikahan pertamanya, Dewabrata/Devavrat sebagai putra mahkota sekaligus pewaris kerajaan yang sah. Tapi raja ini jatuh cinta sama putri nelayan (baca : Satyavati/Satyawati) dan di cerita aslinya adalah bokapnya Satyawati minta supaya keturunannya Satyawati yang jadi raja. Otomatis Santanu galau. Karena tau bapaknya galwa, Dewabrata yang berbakti kemudian meminang Satyawati untuk bapaknya dan bersumpah untuk hidup selibat, sehingga ia dikenal sebagai Bhisma. Raja Santanu yang mengetahui hal tersebut kemudian memberikan berkatnya yaitu Ichcha Mrityu, dimana akhirnya si Bhisma bisa memilih kapan, dimana dan bagaimana cara dia mati. Perbedaan dengan versi Star Plus adalah bukan bapaknya Satyavati yang minta supaya keturunannya yang bisa memimpin kerajaan, tapi Satyavatinya sendiri.

2. Dewi Gangga (Vivana Singh)

haduh, ini gw harus ceritain riwayat Dewi Gangga yang super panjang itu? oke oke, jadi gini ceritanya. Gangga itu errr, sungai yang mengalir di 3 alam, surga, alam manusia dan akherat (underworld) dan katanya membasuh roh-roh gentauangan supaya mereka bisa masuk surga atau berreinkarnasi. nah, Gangga ini dikutuk turun ke bumi dan dimohon-mohon sama Vasu/Wasu pencuri sapinya resi Wasista/Vasistha buat ngelahirin mereka di bumi dan langsung ngebunuh mereka. Benar saja, Raja Santanu jatuh cinta dengan Dewi Gangga dan punya anak, tapi tiap kali melahirkan anak, Dewi Gangga pergi ke hutan dan menenggelamkan anak itu sampai 7 kali. Pada anak ke 8, Santanu ngebuntutin dan menghentikan Dewi Gangga. Anak ke-8 akhirnya tidak dibunuh tapi dibawa ibunya untuk dididik dan akhirnya dikembalikan pada ayahnya. Anak ini lah kelak bernama Bhisma. Setelah mengembalikan si anak, Dewi Gangga kemudian ga bersama Raja Santanu lagi.

Di Mahabharat Star Plus, ceritanya hampir sama dan Dewi Gangga sering muncul bila anaknya ingin konsul atau cerita-cerita dengan beliau.

3. Satyavati/Satyawati (Sayantani Ghosh)

Satyavati/Satyawati merupakan anak seorang nelayan. Wanita cantik ini berhasil memikat dua orang laki-laki lho, satunya Raja Santanu, satunya lagi Resi Parashara. Satyawati memiliki anak yaitu Vyasa/Ved Vyas/Wyasa dari Resi Parashara. Kemudia, Raja Santanu jatuh cinta sama cewek satu ini tapi bokapnya ga setuju hubungan mereka berdua kecuali Santanu mau janji bahwa keturunan Satyawatilah yang akan mewarisi tahta kerajaan. Santanu pun galau dan Dewabrata/Devavrat ini kemudian meminang Satyavati demi sang ayah sambil bertekad untuk tidak menikah. Dari perkawinan antara Satyavati dan Raja Santanu, lahirlah Chitrangada dan Vichitravirya/Wichitrawirya. Naas, anaknya dua-duanya mati tanpa keturunan sehingga meninggalkan istri Vichitravirya tanpa anak. Satyavati lah yang menyuruh Vyasa untuk niyoga (bikin anak dengan kekuatan batin, gw sih nangkepnya gitu). Nah, anak hasil niyoga ini adalah bapak-bapaknya Pandawa dan Kurawa. Nantinya setelah Raja Pandu (bapaknya Pandawa) meninggal, Satyavati bersama istri Vichitravirya, Ambika dan Ambalika pergi bertapa di hutan dan meninggal disana.

Di Mahabharat Star Plus, Satyavati sendiri yang  minta supaya dirinya menjadi ratu Hastinapura dan keturunannnya yang akan mewarisi kerajaan. Mungkin karena karma, setelah jadi ratu, hidup Satyavati dipenuhi masalah, mulai dari Vichitravirya yang ga kompeten jadi raja sampe akhirnya mati terus sampe ke Dhristarashta/Drestarashta berani menghina Satyavati yang asalnya dari nelayan ikan.  Cuma nih ya, biar kata udah lewat 2 generasi, kagak tua-tua juga yah Satyavati, hehe.

4. Dewabrata/Devavrata aka Bhishma/Bisma (Arav Chowdhary)

Salah satu ksatria terhebat di masanya, Dewabrata ini anak kandungnya Raja Santanu dengan Dewi Gangga. Ia adalah reinkarnasi Vasu/Wasu yang berkomplot (sekaligus biang kerok utama) dalam mencolong sapinya resi Vasishtha/Wasista. Ga tanggung-tanggung, resi marah dan mengutuk 8 Vasu yang menyolong sapinya. Sapinya sapi sakti sih, bisa menyediakan makanan untuk puluhan ribu orang gitu. Begitu tau mereka dikutuk, kedelapan Vasu itu langsung balikin sapinya resi dan minta maad. Resi Vasishtha yang baik hati akhirnya meringankan kutukan buat para Vasu, dimana mereka akan langsung mati begitu lahir di alam manusia, pengecualian untuk Vasu yang memprakarsai penculikan si sapi, Vasu itu akan hidup lebih lama di dunia manusia tapi juga menjadi ksatria terhebat dalam sejarah. Vasu itulah bereinkarnasi menjadi Devavrata.

Saat Dewi Gangga hendak menenggelamkan bayinya yang kedelapan, Raja Santanu menghentikan perbuatan itu. Anak ini, Devavrat tidak jadi dibunuh dan ia dibawa ibunya untuk dididik oleh Parashurama/Parshuram dan Shukracharya mengenai ilmu militer dan persenjataan, serta kitab Veda dari resi Vashishtha/Wasista, baru deh si ibu balikin si anak ke bapaknya. Shantanu kemudian menobatkan Devavrata menjadi putra mahkota Hastinapura.

Kemudian, karena si bapak jatuh cinta dengan Satyavati tapi enggan memenuhi permintaan si bapaknya Satyavati dimana keturunan Satyavatilah yang akan memimpin kerajaan, biar sama-sama senang, akhirnya Dewabrata bersumpah untuk hidup selibat demi melayani kerajaan ayahnya. Kemudian ia dikenal sebagai Bhishma/Bisma.

Bhishma inilah yang jadi tetua di Kerajaan Hastinapura, maka ia sering dipanggil Mahamaheem atau Bhishma Pitamah. Dan jangan saah juga lho, Bhishma juga punya musuh yaitu Srikandi-Srikandini/Shikhandi-Shikandhini yang reinkarnasinya Amba. Cerita lengkapnya di bagian Amba aja ya.

Hal terakhir yang terkenal dari Bhishma yaitu ia mati dengan bantalan panah di sekujur tubuh. Jadi waktu peraang Kurukshetra nanti, Bhishma berada di pihak Kurawa melawan Pandawa. Karena ia adalah Ksatria yang kuat maka Pandawa sengaja membawa Srikandi/Shikhandi yang dulunya cewek ke medan perang supaya ga diserang Bhishma dan giliran Arjun/Arjuna lah yang manahin kakek buyutnya ini ampe pas badannya jatuh, badannya ditopang seluruhnya oleh anak panah.

5. Vichitravirya/Wichitrawirya (Aryamann Seth)

Ga banyak yang bisa dikatakan dari raja yang cepet mati ini. Vichitravirya menikah dengan Ambika dan Ambalika, putri dari kerajaan Kasi, tapi sayang ia meninggal tanpa mempunyai keturunan. Akibatnya, Satyavati mengambil keputusan untuk mengundang anaknya, Ved Vyas/Wyasa melakukan niyoga dengan kedua istri Vichitravirya demi meneruskan kelangsungan keturunan bangsa Kuru. Ambika akhirnya melahirkan Dhrishtarashta dan Ambalika melahirkan Pandu. Kedua anak ini memang aslinya didapatkan dari niyoga dengan Vyasa namun diakui sebagai anak Vichitravirya. Kenapa bisa begitu?Nanti gw jelaskan (kalo sempet) dibagian Pandu.

Mahabharat Star Plus menggambarkan Vichitravirya sebagai pangeran yang ga kompeten, suka mabok-mabokan serta dimanja ibunya.

6. Amba (Ratan Rajput)

Semua berawal dari cinta, yup dari cinta. Putri Amba dari Kerajaan Kasi jatuh cinta dengan Raja Salwa/Shalva. Kemudian, Raja Kasi mengadakan swayamvara/sayembara untuk menikahkan putrinya dengan raja-raja yang diundang. Coba tebak? Kerajaan Hastinapura tidak diundang oleh karena itu, Bhishma kemudian mendatangi swayamvara itu, mengalahkan raja-raja disana kemudian melarikan ketiga putri Kasi, yaitu Amba, Ambika dan Ambalika. Di tengah jalan, Raja Shalva menantang Bhishma dan dikalahkan. Lanjut perjalanan lagi, Amba meminta Bhishma untuk melepasnya dengan alasan bahwa hatinya untuk Raja Shalva. Bhishma mengabulkan permintaan Amba dan Amba dengan bahagianya pergi ke raja Shalva. Apa daya, ego pria sudah tersayat, Raja Shalva merasa malu karena sudah dikalahkan Bhishma, ia pun menolak Amba dengan alasan Amba sudah dimenangkan oleh Bhishma.

Amba kemudian kembali kepada Bhishma untuk menikah tapi Bhishma mengingatkan akan sumpah selibatnya. Vichitravirya juga mana mau kawinin Amba, yang udah terlanjur cinta orang lain. Bak dioper-oper seperti birokrasi Indonesia yang ribet itu, Amba akhirnya marah. Ia pergi ke hutan dan berbagai pertapaan, kemudian mulai bertapa. Dewa Kartikeya melihat usahanya kemudian memberkatinya dengan kalung bunga lotus, dimana siapapun yang memakai kalung itu bisa membunuh Bhishma. Amba kemudian pergi mencari raja yang mau bertempur dengan Bhishma. Sialnya ga ada yang mau. Kalung itu ia gantungkan di pintu gerbang istana Kerajaan Panchala. Amba kemudian pergi bertapa lagi.

Amba kemudian meminta pertolongan Parashurama/Parshuram untuk mengalahkan Bhishma. Alhasil terjadilah perang 13 hari antara guru vs murid. Di hari terakhir, Bhishma hendak mengeluarkan satu-satunya senjata yang dapat mengalahkan gurunya, tapi ia dihalang oleh dewa-dewa. Menyadari hal itu, Parashurama akhirnya mengalah. Tapi Amba tetep ga mau kalah.

Kali ini, Amba bertapa lebih keras lagi sampe-sampe Dewa Siwa/Shiva nongol dan memberkati Amba dimana di kelahiran berikutnya ia akan membunuh Bhishma. Tebak Amba bereinkarnasi jadi siapa? That’s it. Srikandini/Shikhandini yang kemudian akan berganti kelamin dari cewek jadi cowok gara-gara memakani kalung bunga lotus yang ditinggalkan Amba di pintu gerbang Kerajaan panchala, menjadi Srikandi/Shikhandi.

Kalo di Mahabharat Star Plus, cerita tentang balasa dendamnya Amba dipersingkat yah. Amba langsung mencari Parashurama kemudian terjadilah peperangan itu. Disaat guru dan murid mengeluarkan senjata tersakti mereka yang gw duga sebagai Brahmastra atau Brahmashira. Eits, jangan main-main lho. Kalo 2 senjata itu bertemu, bisa hancur satu dunia. Makanya sebelum nabrak, Dewa Shiwa/Shiva nongol kemudian menghentikan pertempuran itu sekaligus memberkati Amba yang dalam kelahiran berikutnya akan membunuh Bhishma.

7. Parshuram/Parashurama (Puneet Isaar)

Uh, cerita Parashurama ini juga panjang lho. Dia juga merupakan Avatar/Awatara Dewa Wisnu/Vishnu yang menitis di dunia untuk memberantas kejahatan dan menegakkan keadilan. Parashurama adalah anak dari Jamadagni dan Renuka. Dan satu-satunya yang bisa membunuh ibunya sendiri. Cerita yang ini cari sendiri di wikipedia yahh.

Oke, Aslinya terlahir Rama (beda lho dengan Rama suaminya Sinta/Sita di Ramayana), ia pergi melakukan tapa sampai dihadiahin kapak sama Dewa Siwa/Shiva. Oleh karena itu, ia dikenal dengan Parashurama. Naasnya waktu dia bertapa, raja Kartavirya bertamu ke tempat bapaknya, Jamadagni. Lagi-lagi masalah domba, raja Kartavirya melarikan dombanya Jamadgani karena bisa melayani ribuan orang. Maka dikejarlah dan dibunuhlah ama Parashurama. Kemudian Parashuurama pergi lagi bertapa, anak-anak Raja Kartavirya datang balas dendam membunuh Jamadagni. Pulang dari pertapaan, Parashurama menemukan ibunya nangis histeris dan mukul dadanya 21 kali. Maka Parashurama bersumpah untuk membunuh kaum Ksatria/kasta Kshatriya, baik bersalah maupun ga bersalah.

Di Mahabharata, Parashurama dimintai bantuannya oleh Amba untuk melawan Bhishma. Pertempuran antara guru dan murid ini berlangsung 13 hari. Dua-duanya sama-sama ga bisa mati, tapi Bhishma punya senjata yang bisa bikin Parashurama kalah. Tapi sebelum Bhishma menggunakan senjata itu, ia dihalangi oleh dewa-dewa dan Parashurama pun didatangin arwah orang tuanya yang menyuruhnya untuk berhenti membenci dan ngebunuhin kaum Kshatriya.

Tapi tetep aja, Parashurama hanya mau ngajarin Brahmin/Kasta Brahmana. Ia yang mengajari Drona/Dronacharya berbagai senjata sakti, dimana Drona menjadi guru militer Pandava dan Kaurava. Karna juga belajar langsung dari Parashurama dengan ngaku-ngaku sebagai Brahmin sebelum akhirnya ketauan dan dikutuk. Tapi, Karna juga diwariskan busur Vijaya/Wijaya, busur Dewa Siwa/Shiva, yang ga kalah hebatnya dengan busur Gandiwa/Gandhiva punya Arjuna.

8. Ambika (Aparna Dixit)

Ambika merupakan adiknya Amba dan kakaknya Ambalika, putri dari kerajaan Kasi. Waktu diculik dari swayamvara/sayembara memilih suami oleh Bhishma, Ambika setuju dinikahkan dengan Vichitravirya/Wichitrawirya. Sayangnya, pernikahan ini tidak berlangsung lama dan tidak menghasilkan keturunan. Oleh perintah Satyavati, Ambika melakukan niyoga dengan Vyasa untuk mendapatkan keturunan. Ambika yang ketakutan dengan Vyasa, menutup mata akhirnya lahirlah Dhrishtarashta/Drestarashta yang buta.

Setelah Pandu, adiknya Dhristarashta mati, Ambika bersama Ambalika dan Satyavati pergi ke hutan dan meninggal disana.

9. Ambalika (Mansi Sharma)

Ambalika merupakan adik Amba dan Ambika, putri dari kerajaan Kasi. Ceritanya sih hampir sama dengan ceritanya Ambika. Bedanya, saat niyoga dengan Vyasa, Ambalika ketakutan dan menjadi pucat. Maka anaknya Pandu terlahir pucat dan kurang sehat. Dengan meninggalnya Pandu, Ambalika beserta Ambika dan Satyavati pergi ke hutan untuk bertapa dan meninggal disana.

10. Kripa/Kripacharya (Hemant Choudhary)

Salah satu tetua dan karakter yang sebenernya ga terlalu banyak diekspos di Mahabharat Star Plus, Kripacharya juga mentor dari Pandawa dan Kurawa. Adiknya Kripi menikah dengan Drona, yang juga merupakan guru militernya Pandawa dan Kurawa. Seinget gw, Kripa ini juga berpartisipasi dalam pembantaian anak-anak Pandawa di medan Kurukshetra nanti

 

10 dulu deh yah, karakter mahabharata banyak banget lho. Next, gw perkenalkan bapak-emaknya Pandawa dan Kurawa (kalo muat)

18 thoughts on “Daftar (ga lengkap) Pemeran Mahabharat 2013 Star Plus part 1

  1. suka mahabharata juga ternyata. aku pikir aku minoritas🙂 cuma nggak suka jam tayangnya ya, cuma 20menit. kamu nontonya dimana?

  2. Ping-balik: Daftar (ga lengkap) Pemeran Mahabharat 2013 Star Plus part 2 | Journey of Lovianette Sherry

  3. keren…
    dari dulu gw suka crita mahabarata dari gw balita sampe skarang umur gw dah 28 taon….dari yg fersi india smp yg fersi indonesia(kakawin)
    eh g nyangka skarang ada lagi filmnya….
    keren..

  4. Tambahin sedikit ya..Satyawati bersikap kayak ambisi banget mau jadi Ratu itu ada ceritanya. Satyawati lahir bukan seperti orang biasa, dia lahir dari perut ikan. Sepasang nelayan tidak sengaja menangkap ikan dan waktu dibawa pulang perut ikan itu mengeluarkan bayi perempuan dan akhirnya dirawat dan diberi nama Satyawati. Karena terlahir dari perut ikan jadi kulitnya berbau amis sampai dia dewasa dan karena bau kulitnya tidak ada pria yang mau menikah dengan dia.
    Suatu hari dia pernah menolong seorang Raja muda dan raja itu menanyakan apa balasannya, ketika Satyawati meminta raja itu menikahinya, sang Raja menolak mentah-mentah. Sakit hati Satyawati berubah jadi ambisi. Nah suatu hari ada seorang Resi yang meminta perlindungan dari hujan di rumah Satyawati, selama di sana Satyawati curhat ke resi itu dan akhirnya Resi itu merasa kasihan dan akhirnya mengangkat bau amis dari kulitnya. Setelah bau amisnya hilang sang Resi jadi naksir dan lahirlah Resi Viyasa yang nanti akan menolong Ambika dan Ambalika.

  5. salah tuh ceritanya tentang dewi gangga. mana ada dewb gangga di kutuk dewi gangga dia angakt kesurga untuk di murnkan dan .. setelah sekian lama di surga seorang raja meminta kepada tolong ke dewa siwa.. karan jemajah ayah nya harus dimurnikan di bumi . tapi dwa siwa menyarankan agar pergi mengunjungi dewa rama dan terjadilah perdebatan kalaw hanya rakyat bumi yang memintanya dia megujukan persyaratan dan .. tapi laran dewa siwa orang yang datang menui dewa.. brama maka dia berkata yang menyarankan adalah dewasiwa sedangkan.. dewu gangga kesenangan dan tampa permintaan apa” lagi persiyaratan asalkan yang dewa siwa mau memberikan kunci bahwa ia hanya akan mau turun kebumi dan jatuh di atas kepala dewa siwa.. dan dewa siwa menyanggupi dan memberi perjanjian agar sungai gangga di jaga kebersihanya dan slalu suci.. itu yang saya twu .

  6. Ping-balik: Anting Cowok Kaskus - Fashion dan Belanja Jadi Satu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s