Daftar (ga lengkap) Pemeran Mahabharat 2013 Star Plus part 3

Mohon mangap untuk para pembaca sekalian, bapak-bapak, ibu-ibu semua yang ada disiniiii….Gw lupa bahas bapak-bapak kandung Pandawa, alias para dewa-dewa itu lho…hehe.

21. Dewa Siwa/Shiva/Mahadev (Mohit Raina)

Om tryambakam yajamahe sugandhim pusti vardhanam Urvarukamiva bandhanan mrtyor mukshiya mamritat

Om. We worship and adore you, O three-eyed one, O Shiva. You are sweet gladness, the fragrance of life, who nourishes us, restores our health, and causes us to thrive. As, in due time, the stem of the cucumber weakens, and the gourd is freed from the vine, so free us from attachment and death, and do not withhold immortality.

Biar kata bukan bapak-bapaknya Pandawa, Shiva ini tipe dewa dimana ketika ada orang bertapa buat mendapatkan sesuatu, dewa ini yang paling gampang dibikin puas dan pastilah mengabulkan keinginan orang itu. Contoh Amba bertapa dengan niat membunuh Bhishma, Dewa Siwa akhirnya muncul dan memberkati Amba dimana dalam reinkarnasi berikutnya Amba dapat membunuh Bhishma. Contoh lain dimana Draupadi dalam kehidupan lalunya meminta suami dengan 14 kualitas istimewa, kemudian dikabulkan Dewa Siwa bahwa dalam kehidupannya yang akan datang alias terlahir jadi Draupadi). Siwa juga memberikan kekuatan gaib pada Gandhari yang telah menutup mata sehingga Gandhari bisa mengubah seluruh tubuh Duryodhana (kecuali paha) menjadi baja. Dewa Shiva juga memberikan Pashupatastra kepada Arjuna, walaupun mesti dibikin berantem dulu ini dua orang.

Shiva di Mahabharat Star plus diperankan oleh Mohit Raina, yang juga berperan sebagai Shiva juga dalam serial Devon ke Dev, Mahadev, suatu serial mitologi yang khusus menceritakan tentang kisahnya Dewa Shiva. Sayangnya, Mohit Raina cuma nongol pada saat pertarungan Bhishma s Parashurama, yang waktu Arjuna bertarung demi mendapatkan senjata sakti, Dewa Siwanya ganti *penonton kecewa*

22. Suryadev/Surya Narayan/Batara Surya/Dewa Surya

Suryadev alias Dewa Matahari, dewa pertama yang nongol di Mahabharat. Pertama, doi nongol karena hampir dipanah oleh Bhishma, yang terlalu sedih saat adinya, Vichitravirya meniggal. Lho kok malah nyalahin dewa matahari? Soalnya dikira Suryadev ini yang bisa nyuruh Dewa Yama/Batara Yama sang dewa kematian buat balikin adeknya Bhishma. yang kedua ya apa lagi kalo bukan dipanggil sama Kunti yang lagi nyoba-nyoba.

Yah, udah dijelasin sebelomnya karena rasa ingin tahu yang menggebu-gebu, Kunti mencoba mantra pemberian Resi Durvasa dan memanggil Surya Narayan. Nah. karena pengaruh mantra juga, Surya Narayan wajib hukumnya ngasih anak ke Kunti. Jadilah tuh anak bernama Karna, yang lahir dengan baju perisa (kavacha) dan anting (kundala). Ini anak kemudian dibuang ke sungai oleh Kunti.

Suryadev baru nongol lagi dalam mimpi Karna saat Indradev/Dewa Indra hendak meminta baju perisai dan anting-anting Karna. Si bapak yang baik hati tentu aja memperingatkan si anak, namun karena Karna yang murah hati ga bisa nolak permintaan siapapun, akhirnya ngeyel lah. Suryadev akhirnya bilang ke Karna untuk minta senjata sakti punya Dewa Indra. Ya dong, apa ga malu tuh Dewa Indra pas minta udah ketauan niatnya? Alhasil berkat nasehat si bapak, Kavacha-Kundala dituker dengan Nagastra yang cuma bisa dipake sekali. haha, kalo gw ogah deh, minta senjata yang lebih sakti lagi.

Saat Kunti menyatakan diri dan membongkar identitas asli Karna *duh bahasanya*, Suryadev juga turun ikut serta dalam membenarkan Kunti. Konon katanya, waktu karna mati, Suryadev saking sedihnya terbenam lebih awal, hehe.

Sori ya, gw ga tau pemeran Surya Narayan di Mahabharat Star Plus siapa namanya, hehe.

23. Dharmaraj/Yama/Batara Dharma/Batara Yama

dharmaraj

Disebutkan bahwa Yudhisthir merupakan anak pemberian Dharmaraj/Batara Dharma kepada Kunti melalui mantra Resi Durvasa. Nah, di India sana Batara Dharma itu sepertinya sama dengan Batara Yama alias Dewa Kematian. Karena bapaknya adalah Batara Dharma, maka anaknya disebut Dharmaputra, Dharmaraj (toh dia jadi raja yang terkenal selalu mengikuti dharma) dan hidupnya woah, ideal orang baik banget deh. Baik dalam artian sesuai dengan ajaran agama. Batara Dharma juga yang mengetes pengetahuan Dharma Yudhisthira pada saat Yaksha Prashna, dimana yaksha meracuni keempat Pandawa dan mengetes Yudhisthira dengan berbagai pertanyaan agama dan filosofi. Kemudian Batara Dharma akan menemani Yudhisthira dengan nyamar sebagai anjing dalam kisah terakhir Pandawa yaitu Swargarohan, dimana Pandawa dan Draupadi meninggalkan kerajaan dan pergi ke Himalaya ditemani seekor anjing.

Btw, bila Batara Dharma=Batara Yama, maka Batara Dharma adalah anak dari Batara Surya alias Yudhisthira adalah cucunya Batara Surya dan bisa menjadi adik ataupun keponakan dari Karna.

24. Vayudev/Batara Bayu/Dewa Bayu

vayudev

Ga banyak yang bisa dikatakan mengenai Dewa yang satu ini kecuali dipanggil oleh Kunti dengan mantra Resi Durvasa, ngasih anak bernama Bhima yang kuat seperti bapaknya Dewa Angin dan punya anak lain bernama Hanuman.

25. Indradev/Dewa Indra/Batara Indra (Nikhil Arya)

Raja segala dewa, Dewa Indra menganugerahkan seorang anak bernama Arjuna atas panggilan Kunti dengan mantra Resi Durvasa. Dibanding Suryadev, Indradev lebih sayang sama anaknya. Buktinya nih, Arjuna dibawa ke Swargalok/Kahyangan untuk bertempur dan bercinta, pulang-pulang dah bawa senjata, Indradev juga yang minta kavacha dan kundala milik Karna karena tau selama Karna masih punya 2 benda itu maka Arjuna tidak bisa mengalahkan Karna.

Di Mahabharat Star Plus, Indradev ini sempet konflik dikit dengan anaknya perihal saat takshaka mulai menyerang (calon) penduduk Indraprastha sebelum arjuna berjanji untuk melindungi kaum ular. Wah kayaknya ga ditepati tuh,soalnya Takshaka balas dendam dengan menggigit mati Parikshit/Parikesit sampe anaknya Janamejaya mengadakan upacara pemusnahan ular.

Btw, Nikhil Arya fotonya yang ini lho ya. Kebalik ama Mahadev, Indradevnya tambah ganteng bo! *penonton puas*

indradev

26. Ashvins Kumar/Ashwini Kumara

ashwin kumar

Dewa kembar, Nasatya dan Dasra merupakan dokter para dewa sekaligus penggendali kuda para dewa. pantes anaknya, Nakula dan Sahadewa/Sadewa lahir dari Madri setelah dibagiin mantra Resi Durwasa oleh Kunti, pinter menggembalakan ternak dan sapi-sapi.

27. Agnidev/Dewa Agni (Kunal Bhatia)

Gw ga tau banyak peran dewa ini selain memberikan busur legendaris Gandiwa/Gandiva kepada Arjuna.

agnidev

 

sori yah, beneran deh abis ini gw bahas Pandawa dan Kurawanya…lagi ujian ama baru masuk siklus mayor sih, nonton aja ga sempet lagi hahaha

13 thoughts on “Daftar (ga lengkap) Pemeran Mahabharat 2013 Star Plus part 3

  1. yg jd dewa indri,eh dewa indra,orangnya ganteng:)pantas aja si arjuna ganteng,orang bapaknya juga ganteng:)dan ngomong2,si dewa indra itu dewa perang,makanya arjuna banyak tau soal hal2 dlm peperangan.

  2. Ping-balik: Anting Dan Perisai Karna - Fashion dan Belanja Jadi Satu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s